Inilah Pemenang Lomba Semarak Literasi Pacitan

AZ - Minggu, 27 Oktober 2019 12:14 WIB
Para pemenang lomba semarak literasi undefined

Masih dalam rangka memperingati Bulan Bahasa 2019, Ikatan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia (IMASIND) STKIP PGRI Pacitan menggelar kegiatan “Pekan Semarak Literasi”.

Dalam malam Penganugerahan Pekan Semarak Literasi yang dilaksanakan Sabtu (26/10/2019) malam, di Aula STKIP PGRI Pacitan lima kejuaraan perlombaan diumumkan. Lomba yang diselenggarakan pada 23-25 Oktober 2019 tersebut terdiri dari lomba mendongeng tingkat SD putra dan putri, lomba tulis baca puisi tingkat SLTP putra dan putrid serta lomba esai tingkat SLTA

“Keputusan keputusan untuk memilih kategori lomba memang malalui rapat koordinasi yang berulang, dan salah satu lomba yang kami adakan, kami putuskan untuk melibatkan siswa SD untuk mendukung Pacitan sebagai Kota Ramah Anak,” kata Icuk Tri Mulyono, ketua penyelenggara.

Acara yang mengusung tema besar “Gelora Literasi di Era Milenial” ini diharapkan menjadi salah satu tonggak semangat gerakan literasi. Pelibatan antarjenjang pendidikan juga menunjukkan semangat dan bakat muda luar biasa dalam bidang literasi dan itulah harta kekayaan negeri ini.

“Keberhasilan suatu bangsa bukan saja digenerasi lama tetapi pada generasi baru yang berperspektif jangka panjang. Regenerasi menjadi mutlak, anak-anak muda harus menunjukkan peran mereka karena merekalah pewaris negeri ini. Wahai generasi milenial, wahai Generasi Z Indonesia, kokohkan di hatimu maklumat Pancasila. Jadilah kalian generasi para revolusi industry 4.0 tetapi tetaplah berjiwa Indonesia. banggalah menjadi pemuda Indonesia dengan berfikir global namun kalian tetap beretika Indonesia,” kata tokoh pendidikan Dr. Sri Pamungkas, S.S., M. Hum pada orasi ilmiah yang ia bawakan pada malam penganugerahan tersebut.

Berikut hasil lomba yang diumumkan panitia:

Lomba Mendongeng Putra

  1. Satria Putra Adam (SDN 1 Ploso Pacitan)
  2. Muhammad Rizky Aditya Rama Putra (SDN 2 Baleharjo)
  3. Ridho Erixon Lakmana Nababan (SDN 2 Baleharjo)

Lomba Mendongeng Putri

  1. Khayla Azizah Arifianti (SDN Pacitan)
  2. Cahyu One (SDN 1 Ploso)
  3. Aurel Pradita Marsya Achmada ( SD Integral Hajar Aswad)

Lomba Tulis Baca Puisi Putra

  1. Narenadra Maulana (SMP IT Ar-Rahmah)
  2. Viasa Chaya Putra Dewanta ( SMP N 1 Pacitan)
  3. Muhammad Bagus Widiatmoko (SMP N 1 Donorojo)

Lomba Tulis Baca Puisi Putri

  1. Na’im Zulaykha Asy-Syirozi (SMP Negeri 1 Pacitan)
  2. Indah Kususma Cahyaningtyas (SMP N 1 Punung)
  3. Selvia Ramadhani (SMP N 3 Pringkuku)

Lomba Esai

  1. Aisyah Auliya Sudrajat ( SMA N 1 Pacitan)
  2. Kingkin Pindialesta (SMK N 2 Pacitan)
  3. Emi Trisna Juwita (MAN Pacitan)

Bagikan

RELATED NEWS