Jangan Dibuang atau Dibakar, Daun Jati Kering Ternyata Bisa Digunakan untuk Pakan Ternak

AZ - Senin, 13 Januari 2020 17:57 WIB
Daun jati kering undefined

Jika selama ini daun jati kering itu hanya dibuang atau dibakar hingga mencemari lingkungan, maka mulai sekarang lakukan cara ini: ubah daun jati kering menjadi pakan ternak.

Tim peneliti dari Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) UGM memanfaatkan limbah daun pohon jati untuk dijadikan pakan ternak sapi. Hal itu dilakukan untuk menyiasati peternak sapi di daerah Gunungkidul. Wilayah ini memang kerap kesulitan mencari pakan ternak terutama di saat musim kemarau. Di satu sisi, wilayah ini memiliki banyak pohon jati

“Daerah Gunungkidul banyak hutan jati, daun jati di sana cukup melimpah, namun belum dimanfaatkan sehingga kita lirik sumber daya yang ada di sana untuk ternak mereka,” kata Dr. Drh. Sarmin, peneliti dari FKH UGM Kamis (2/1) lalu.

Sebelum memanfaatkan pakan fermentasi daun jati, sebelumnya para peternak di Gunungkidul membeli rumput kolonjono atau tebon jagung dari luar daerah. Bagi peternak yang memiliki 2-3 ekor sapi atau kambing, setidaknya mereka memerlukan 4-5 ikat rumput. “Lumayan juga uang yang harus mereka keluarkan untuk sapi mereka,” ujarnya.

Pembuatan pakan fermentasi dari limbah daun jati kering ini, menurut Sarmin, untuk mengajak peternak memanfaatkan sumber daya pakan dari lingkungan sekitar mereka. Namun begitu, peternak juga diajarkan dan dilatih mengolah limbah daun jati tersebut sebagai pakan silase ternak mereka. Sebab, selama ini daun jati ini hanya dibakar saja atau dibiarkan menjadi sampah yang mengering. “Kita ajari buat fermentasi pakan sehingga saat musim kemarau mereka punya persediaan pakan,” katanya.

Untuk membuat pakan fermentasi ini, kata Sarmin, limbah daun jati yang sudah mengering dikumpulkan dalam sebuah drum berukuran besar. Lalu, bahan daun jati kering tersebut dicampur dengan konsentrat.

Agar terjadi proses fermentasi, bahan daun jati ini diberikan cairan EM4, sejenis cairan yang mengandung bakteri pembusuk. Selain EM4, bahan pakan fermentasi ini juga diberikan tetes tebu atau molase. “Seluruh bahan tersebut kita aduk hingga rata dan dibiarkan mengalami fermentasi selama 21 hari hingga muncul aroma wangi dengan tekstur pakan yang lembut,” ujarnya.

Menurut Sarmin, selain limbah daun jati, tim FKH UGM juga melakukan pendampingan memanfaatkan sumber pakan ternak dari gedebog pisang atau batang pohon pisang dan jerami dengan menggunakan metode yang sama. “Kita sudah ujicobakan untuk bahan lain yang murah dan sudah tersedia seperti gedebog dan jerami,” paparnya.

Pemanfaatan pakan fermentasi dari bahan daun jati, batang pohon pisang dan jerami ini sudah diterapkan di Desa Kemiri, Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta melalui program Diseminasi Teknologi Tepat Guna. Pada Sabtu lalu, 28 Desember 2019, ia bersama peneliti yang lain, seperti Dr. drh. Soedarmanto Indarjulianto, dan Dr. drh. Irkham Widiyono menyerahkan alat mesin pencacah rumput, alat peniris minyak dan alat pemotong ketela untuk pengrajin ketela.

Soedarminto Indarjulianto, anggota peneliti FKH UGM lainnya, mengatakan dengan diberikannya alat mesin pencacah rumput tersebut diharapkan peternak dapat menyediakan sumber pakan giling dari bahan yang sebelumnya keras seperti tebon jagung dan batang rumput gajah. “Kita harapkan sumber pakan dan proses pencernaan ternak lebih tinggi dan produktivitas ternak akan meningkat,” katanya.

Bagikan

RELATED NEWS