IMG-LOGO
Home Halo Wisata Jurug Gringsing, Ke...

Jurug Gringsing, Kecantikan Yang Masih Tersembunyi

Pratama Setyawan - Selasa, 9 Juli 2019 pukul 06.40
Jurug Gringsing saat kemarau Jurug Gringsing saat kemarau (sumber: Halopacitan/Pratama Setyawan)

Halopacitan, Tegalombo—Berada di kawasan pegunungan yang berbatasan dengan Kabupaten Ponorogo, kawasan Curug Gringsing masih sangat alami. Sebuah keindahan yang masih tersembunyi di sisi utara Pacitan.

Salah besar jika keindahan Pacitan hanya ada di sisi selatan, terutama di wilayah pesisir pantai. Bumi Pacitan sisi utara juga menyimpan pesona yang sayang untuk ditinggalkan.

Curug Gringsing adalah air terjun yang berada di Dusun Krajan Gringsing, Desa Ploso, Kecamatan Tegalombo. Meski saat kemarau debit air menurun, tetapi air terjun ini tidak pernah kering. Keindahannya menjadikan pemandangan yang memikiat ditambah gugusan tebing alami pegunungan serta bongkahan bebatuan hitam besar dan aliran air yang begitu jernih serasa pengen untuk mandi di bawah air terjun itu.

Pepohonan yang hijau di sekitar jurug, menjadikan suasana menjadi semakinsejuk. Hamparan terasering sawah hijau akan menyejukkan pandangan orang.

Namun  saat ini untuk berkunjung ke kawasan tersebut, orang harus jalan kaki sepanjang 1,5 Km melalui jalan dikarenakan belum ada jalan yang memadai menuju ke lokasi Curug..

“Potensi wisata air terjun Gringsing  sangat bagus dan wajib  dikunjungi,walaupun  belum dikembangkan sudah banyak orang yang tertarik untuk dating,” kata Kepala Desa Ploso Kecamatan Tegalombo Djoko Putro Utomo(43)   Selasa (9/7/2019).

Bagi yang ingin berkunjung, tempat ini bisa dijangkau dari perempatan terminal Gemaharjo atau pertigaan arah ke Ponorogo kemudian mengambil arah Desa Ploso  kurang lebih 7-8 km. Penasaran kan silahkan mencoba datang ke sini. Anda akan menemukan kecantikan yang masih tersembunyi.