IMG-LOGO
Home Halo Berita Kabel Lampu Penerang...

Kabel Lampu Penerangan Jalan Terjuntai, Warga Khawatir

Tomi Herlambang - Kamis, 30 Mei 2019 pukul 14.12
Kabul lampu penerangan jalan yang terjuntai dan terpaksa disangga dengan bambu oleh warga Kabul lampu penerangan jalan yang terjuntai dan terpaksa disangga dengan bambu oleh warga (sumber: Halopacitan/Tomi Herlambang)

Halopacitan, Pacitan—Sudah berbulan-bulan kabel lampu penerangan sepanjang jalan yang menghubungkan kawasan Pancer Door dan Teleng Ria terbengkalai tak terurus. Bahkan di beberapa bagian  terjuntai menyentuh pepohonan dan atap warga, bahkan ada yang hampir menyentuh tanah.

Menurut keterangan warga, kabel-kabel tersebut masih beraliran listrik  karena lampu penerangan jalan masih menyala saat malam tiba. Kondisi ini menurut warga sangat menghawatirkan dan berbahaya sehingga dengan inisiatif sendiri beberapa warga mencoba menyangga kabel tersebuat dengan bilah bambu.

"Yang penting tidak melintang di jalan maupun di depan rumah, kondisi pembungkus kabel sepertinya juga sudah lapuk, kalau ada yang terkelupas lalu mengenai warga kan bahaya!" kata Margono, salah seorang warga RT 01 RW 05 Kelurahan Barehan Kamis (30/05/2019).

Menurut pria yang akrab di panggil Mbah Bagong itu kondisi kabel jaringan telah dilaporkan ke PLN, namun menurut petugasnya, lampu penerangan jalan dan jaringan menjadi kewenangan dari Dinas Perhubungan. "Kami tidak tahu bagaimana menghubungi, kemarin kami baru sampaikan melalui lingkungan," sambungnya.

Senada dengan Bagong, Ahmad warga RT 03 RW 11 Kelurahan Sidoharjo juga mengeluhkan hal yang sama. Menurutnya selain berbahaya bagi masyarakat sekitar, jalan tersebut adalah akses wisata dan ekonomi untuk komoditas ikan laut. Sehingga banyak kendaraan yang berlalu-lalang sehingga tidak nyaman jika dipandang.

"Di sini kan ramai, banyak hotel maupun homestay banyak wisatawan lokal maupun mancanegara nanti jika ada yang tersangkut hingga tersengat aliran listrik siapa yang disalahkan?" keluh Ahmad, "Saya sendiri kalau lewat harus waspada takut sewaktu-waktu jatuh menimpa saya," lanjutnya.

Ia juga menjelaskan bahwa beberapa waktu yang lalu ia sempat bertemu dengan beberapa petugas yang berseragam di lokasi kabel yang bermasalah. Menurut mereka jaringan tersebut dalam perbaikan dan perawatan, namun Ahmad tidak bisa menjelaskan siapa petugas yang datang. "Yang pasti bukan dari PLN, mobilnya lain. Namun jika ada perawatan, sampai sekarang ternyata belum dibenahi," ucapnya.