Kemendikbud Luncurkan Buku KKN Tematik COVID-19, Ini Wujud Kolaborasi Pemerintah dan Perguruan Tinggi Atasi Pandemi

SP - Sabtu, 31 Oktober 2020 22:27 WIB
Mendikbud, Nadiem Anwar Makarim undefined

Peringatan Sumpah Pemuda 2020 diwarnai dengan peluncuran buku Pembelajaran Praktik KKN Tematik (KKNT) COVID-19. Peluncuran buku melalui daring oleh Menteri Pendidikan tersebut dihadiri pula Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BPNB) Doni Monardo. Hadir juga beberapa perwakilan mahasiswa yang mengikuti kegiatan KKN Tematik COVID-19.

Menteri Pendidikan RI, Nadiem Anwar Makarim menyampaikan, “Diharapkan (buku ini) dapat menginspirasi banyak orang, khususnya generasi muda, untuk terus memberikan kontribusi konkret pada masyarakat. Sementara itu, Doni Monardo selaku Kepala BPNB mengatakan bahwa kolaborasi antara kementerian/lembaga merupakan kunci keberhasilan perubahan perilaku yang melibatkan peran mahasiswa dan dosen sebagai pejuang di garis terdepan. Ia pun berharap pemerintah daerah dapat mendukung kegiatan KKNT agar interaksi dengan maksimal supaya program ini berjalan lancar.

Menteri Dalam Negeri, Tito Kharnavian juga menyampaikan, “Suara adik-adik sebagai mahasiswa akan didengar. Adik-adik bisa menjadi solusi dan memberi saran bagi kebijakan pemerintah karena kalian berasal dari berbagai disiplin ilmu. Semoga adik-adik bisa memberikan pencerahan bagi masyarakat dan solusi bagi pemerintah baik di tingkat desa maupun pusat. Tetap jaga kesehatan saat beraktivitas”, kata Tito, seperti dilansir dari kompas.com.

Program kegiatan perintis pengabdian mahasiswa kepada masyarakat pertama kali dilakukan di tiga kampus, yaitu Universitas Gajah Mada, Universitas Hasanuddin, dan Universitas Andalas. Edukasi mengenai literasi dan numerasi pada pertengahan Agustus hingga September 2020 telah dilakukan dengan melibatkan lebih dari 5.600 mahasiswa dari sekitar 200 perguruan tinggi.

Bagikan

RELATED NEWS