Keren! Ibu Hamil di Desa Dadapan Bisa Dapat Hadiah Rp600.000 dan Antar Jemput Gratis

AZ - Jumat, 01 Maret 2019 10:41 WIB
Pos Kesehatan Desa Dadapan undefined

Halopacitan, Pringkuku—Program yang menggunakan dana desa ini diluncurkan Pemerintah Desa Dadapan untuk ikut menekan tingginya kematian ibu hamil dan melahirkan.

Dalam program tersebut, setiap ibu-ibu warga Dadapan yang hamil berhak memperoleh reward Rp600.000 dan fasilitas antar jemput gratis selama prosesi kelahiran, selama memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan.

Syaratnya pun tidak sulit bahkan sangat baik untuk dilaksanakan yakni melakukan periksa kondisi kehamilan rutin setiap bulan ke bidan desa dan ikut program-program kelas ibu hamil yang diselenggarakan satu bulan sekali.

"Sebenarnya, alasannya bukan semata-mata uangnya, namun itu sebagai bentuk perhatian kami di pemerintah desa, untuk turut serta dalam menjaga dan meningkatkan kualitas generasi penerus bangsa", kata Ismono selaku Kepala Desa Dadapan kepada Halopacitan belum lama ini.

Ismono berharap program ini bisa memunculkan kesadaran hidup sehat dan kepedulian akan pentingnya cek kesehatan bagi ibu hamil, sehingga tanpa hadiahpun masyarakat tetap rujin dan rajin memeriksakan diri.

"Reward itu hanya pemicu. Nanti jika sudah membudaya, masyarakat sudah sadar reward bisa dialihkan untuk program inovatif kesehatan lainnya", sambung Ismono.

Anita Fika, bidan desa Dadapan sebagai mitra pemerintah desa merasa bersyukur atas kepedulian pemerintah desa atas kondisi dan permasalahan ibu hamil. "Dengan adanya reward tersebut ternyata jumlah dan intensitas pemeriksaan di Ponkesdes meningkat, kelas ibu hamil-pun setiap bulan selalu penuh," kata Anita.

Masyarakat Desa Dadapan juga sangat antusias dengan program ini. Mereka rutin berkunjung dan memeriksakan kondisi kandungannya.

"Ya senang, bisa untuk tambah beli perlengkapan bayi. Yang penting rajin kontrol dan ikut kelas ibu hamil di balai desa. Nanti setiap ikut kelas kita dapat kegiatan makan sehat bersama, lama-lama saya jadi tahu makanan sehat untuk ibu hamil, juga ada senam ibu hamil dan yang paling penting kita bisa curhat sesama ibu hamil", kata Yayuk yang pernah mendapatkan reward Rp600.000.

"Enak, asal rajin dapat reward. Bahkan kemarin ada yang harus bersalin ke Wonogiri karena operasi, diantar-jemput ambulans desa gratis," sambung Yayuk lagi.

Dua jempol pokoknya!

Bagikan

RELATED NEWS