Khofifah: Pacitan Harus Bersatu! Pertahankan Sebagai Kabupaten Terendah Penularan COVID-19 dan Bersinergi Untuk Geliat Ekonomi

SP - Senin, 19 Oktober 2020 16:01 WIB
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa Goes di Pacitan dan Serahkan Bantuan untuk Masyarakat Pacitan undefined

Usai melakukan lawatannya di Kabupaten Trenggalek, Guburnur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menuju Kota 1001 Goa, Pacitan Jawa Timur, kemarin (18/10/2020). Bukan saja goes bareng tetapi Gubernur Khofifah juga mengunjungi pembangunan museum Ani Yudhoyono, salter kuliner dan UMKM di PLUT Pacitan serta menyerahkan berbagai bantuan.

“Semua (Perbankan, OJK, BPS, BPN) menyatu mendeliver bantuan keuangan,” kata Khofifah.

Di tengah pandemi COVID-19 yang masih sepenuhnya belum terkendali ia berharap berbagai terobosan baru harus diinisiasi, sehingga pintu-pintu peluang dapat terbuka sepenuhnya untuk kembali menggeliatkan perekonomian di Pacitan.

Nahkoda Provinsi Jawa Timur tersebut merasa bangga terhadap UMKM di Pacitan yang masuk dalam promo Bank Indonesia bekerjasama dengan para diaspora di 3 Negara sekaligus yakni, Qatar, Afrika Selatan dan Mesir. Tidak lama lagi produk UMKM Pacitan bersama 5 Kabupaten dan kota terpilih akan merasakan dampaknya. “Bupati harus mengawal produktivitas masyarakat,” harap Gubernur.

Sepanjang perjalanan gowes, mantan Menteri Sosial RI ke-27 tersebut menyapa warga Pacitan dengan santun sembari menyerahkan bantuan paket masker dan sembako kepada masyarakat yang membutuhkan di halaman Pasar Minulyo.

Gowes dilanjutkan menilik proses pembangunan Museum dan Galeri Seni SBY ANI di Jalur Lintas Selatan (JLS) Pacitan, dilanjutkan melihat langsung hasil UMKM di Plut Pacitan serta mampir di Stasiun Radio Grindulu FM untuk menyapa langsung warga Pacitan.

Menyikapi masalah covid-19, ia berharap capaian Kabupaten Pacitan yang berpredikat sebagai Kabupaten dengan penularan terendah se-Jatim harus terus dipertahankan, baik oleh pemerintah maupun masyarakatnya. Tentu dengan penerapan protokol kesehatan dengan 3M (memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak).

Berikut bantuan Pemprov Jatim yang diserahkan oleh Gubernur Jawa Timur di Kabupaten Pacitan.

  1. Penyerahan simbolis sertifikat program strategis nasional, instansi pemerintah dan keagamaan di Pacitan.
  2. Bantuan langsung tunai dana desa, badan permodalan Bumdes dan bantuan masker untuk pendamping desa.
  3. Bantuan sosial beras bagi KPM dan PKH.
  4. Bantuan kredit program dana bergulir dan PEN dari Bank Jatim dan kredit program dana bergulir dan PKPJ dari Bank UMKM.
  5. Simbolis penyaluran KUR, KUR Super Mikro dari Bank BRI.
  6. Simbolis penyaluran KUR dan kredit PEN dari Bank Mandiri.
  7. Bantuan subsidi upah dan penerima manfaat program BPJS ketenagakerjaan.

Pada kesempatan tersebut, Mantan Menteri Sosial tersebut juga menyerahkan 5370 sertifikat tanah kepada lahan bidang masyarakat maupun desa supaya produktivitas di sektor pertanian tercapai. Sedang sisanya 200 ribu sertifikat yang belum diserahkan akan diproses secepatnya.

Dalam hal pariwisata, Gubernur Khofifah meminta agar Pacitan berkoordinasi dengan Yogyakarta. Ia pun tidak sabar untuk mengarungi Amazonnya Indonesia, dimana lagi kalau bukan di Kali Maron. Ia percaya kunjungannya bersama jajaran pejabat lingkup Jatim kali ini menjadi sarana promosi yang akan mempengaruhi calon wisatawan. “Pacitan harus berkoordinasi dengan Yogyakarta,” sambungnya menyikapi pariwisata.

Bagikan

RELATED NEWS