Krupuk Opak, Enak Tapi Masih Butuh Banyak Sentuhan

AZ - Senin, 21 Oktober 2019 07:00 WIB
Krupuk Opak undefined

Selain tempe, krupuk mungkin menjadi makanan paling populer di Indonesia. Hampir di semua daerah ada. Satu jenis krupuk dari Pacitan ini, layak untuk dicicipi.

Namanya Krupuk Opak, yang terbuat dari olahan ketela atau singkong ini memiliki rasa yang khas. Berbeda dengan krupuk berbahan singkong lainnya, krupuk ini lebih orginal sebab hanya berbahan baku tepung singkong yang dicampur bumbu garam.

Di desa Pelem Kecamatan Pringkuku Kabupaten Pacitan, terdapat beberapa industri rumah tangga yang memproduksi Krupuk Opak. Sartini (40) warga Dusun Biting desa Pelem merupakan satu dari beberapa orang yang memproduksi makanan renyah ini.

“Saya membuat opak ini sudah sejak 2015 sampai sekarang ini” ungkap Sartini saat ditemui Halopacitan Senin (21/10/2019)

Sartini menambahkan melimpahnya bahan baku singkong menjadi alasan utama untuk memproduksi Krupuk Opak. Selain itu mengolahnya menjadi krupuk akan meningkatkan daya jual singkong yang selama ini dikenal cukup rendah.

“Awal mulanya saya lihat banyak singkong di kebun terus kalau mau saya jual kiloan harganya rendah setiap kali panen makanya saya buat Opak biar harga jualnya lebih tinggi” ujarnya.

Sayang, para perajin, termasuk Sartini masih kerap terkendala dalam pemasaran dan desain kemasan. Mereka juga berharap krupuk Opaknya segera mendapat Izin industri rumah tangga agar bisa dipasarkan lebih luas.

“Kendalanya pemasaran dan kemasannya untuk pemasaran saya masih titip di warung dan toko sekitar rumah serta kemasannya juga kurang bagus, terus saya berharap untuk izin yang saya ajukan segera jadi agar bisa memasarkan lebih luas” jawabnya.

Bagikan

RELATED NEWS