Kumur Dengan Air Garam Dapat Bunuh Virus Corona, Benarkah?

SP - Senin, 13 April 2020 20:51 WIB
Ilustrasi: Kumur Air Garam Bisa Sembuhkan Corona, Hoax undefined

Beberapa hari ini beredar kabar di berbagai media sosial bahwa berkumur air hangat yang dicampur dengan garam atau cuka dapat membunuh Virus Corona atau COVID-19 di dalam tubuh. Alasannya, virus itu masih bertahan di tenggorokan selama 4 hari. Lalu bagaimanakah fakta sebenarnya?

Faktanya, informasi tersebut tidak benar atau PALSU. Berkumur air garam dengan cuka tidak akan membunuh virus corona (COVID-19). Hal ini tentu perlu diwaspadai betul oleh masyarakat agar tidak termakan informasi HOAX tersebut. Alih-alih ingin terhindar dari COVID-19, justru menimbulkan permasalahan kesehatan yang lain.

Menanggapi beredarkan informasi yang meresahkan ini, Kementerian Komunikasi dan Informasi (KOMINFO) mengkonfirmasi langsung melalui laman resminya.

Seperti yang telah dikutip oleh Kominfo, dari snopes.com bahwa berkumur air hangat dengan campuran garam atau cuka telah lama digunakan sebagai cara menghilangkan gejala yang berhubungan dengan flu dan sakit tenggorokan. Namun tidak ada bukti bahwa itu dapat membantu menangkal atau mengusir virus Corona atau COVID-19.

Sementara, anjuran tentang rajin minum air putih dapat mencegah corona, fakta menurut WHO menyarankan untuk memperbanyak minum air tersebut. Namun organisasi ini tidak menyatakan jika air putih, baik dalam bentuk biasa atau sebagai saline / cuka, dianggap obat atau dapat menyembuhkan corona.

Berdasarkan konfirmasi tersebut dapat dipastikan bahwa air garam atau cuka yang dapat menyembuhkan virus corona (COVID-19) dipastikan HOAX alias tidak benar atau tidak sesuai dengan fakta sebenarnya.

Tak Jauh Berbeda, Informasi yang dilansir dari sehatQ.com, Menurut World Health Organization tidak terbukti air garam memberikan perlindungan pada infeksi virus.

Melihat fakta di atas hal yang efektif saat ini untuk membunuh kuman diantaranya sabun, bahan disinfektan, Alkohol minimal 70% (termasuk handsanitizer dengan kandungan alkohol minimal 70%) dan Antiseptik lainnya

Untuk itu guna mencegah terinfeksi COVID-19, tetap ikuti anjuran seperti hindari aktivitas ke luar rumah jika tidak urgent, lakukan physical distancing, menjaga daya tahan tubuh dengan cukup beristirahat, mengonsumsi makanan bergizi, cukupi kebutuhan cairan tubuh, olahraga teratur dan lakukan perilaku hidup bersih dan sehat terutama mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Hindari menyentuh wajah terutama mata, hidung dan mulut apabila belum mencuci tangan, bersihkan juga barang-barang yang sering terpapar seperti misalnya ponsel.

Bagikan

RELATED NEWS