Manfaatkan Fintech Lending Saat Social Distancing Akibat Covid-19

Ananda Astri Dianka - Senin, 23 Maret 2020 19:35 WIB
undefined

Sebagai layanan keuangan yang terbilang baru di Indonesia, industri pinjaman uang berbasis teknologi atau fintech lending tetap optimistis di tengah merebaknya pandemi virus corona (Covid-19).

Dengan kebijakan pemerintah agar masyarakat mengurangi interaksi secara sosial (social distancing), fintech lending dapat menjadi solusi bagi mereka yang ingin mendapatkan akses pendanaan tanpa perlu bertatap muka, sehingga tetap membantu perputaran roda perekonomian di tengah krisis.

Direktur Eksekutif Institute For Development of Economics and Finance (Indef) Tauhid Ahmad mengatakan kondisi saat ini membuat masyarakat fokus ke beberapa sektor yang menopang antisipasi penyebaran virus corona, misalnya industri makanan dan kesehatan. Namun, bukan berarti sektor lain seperti fintech lending tidak dapat tumbuh di situasi saat ini.

“Ada pilihan untuk fintech lending, namun perlu melihat situasi ketidakpastian seperti saat ini,” ujar Tauhid ketika dihubungi TrenAsia melalui aplikasi pesan singkat WhatsApp, Senin 23 Maret 2020.

Menurutnya, fintech lending perlu segera mengambil langkah-langkah strategis supaya masyarakat tetap mendapatkan akses pembiayaan secara online. Salah satu cara yang disebutkannya adalah menurunkan suku bunga yang dianggap dapat menarik perhatian publik.

“Di berbagai negara, suku bunga pinjaman di tengah situasi virus ini menjadi rendah sekali, bahkan sampai nol persen. Jika suku bunga tinggi, potensi non-performing loan (NPL) semakin meningkat. Ini bisa menjadi pukulan balik untuk industri fintech lending,” katanya.

Selain itu, perusahaan dapat membuat fasilitas tambahan seperti mengadakan program diskon atau hal menarik lainnya.

Ketua Harian Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI), Kuseryansyah menjelaskan industri harus tetap optimistis di tengah kondisi pembatasan sosial karena isu virus corona saat ini. Dia yakin, fintech lending memiliki sistem yang dibutuhkan masyarakat saat ini yakni proses yang seluruhnya secara digital, dapat memproses pinjaman dengan cepat tanpa bertele-tele, dan yang terpenting adalah transparansi.

“Situasi saat ini memang menjadi tantangan tersendiri bagi para penyelenggara fintech lending. Untuk itu diperlukan inovasi produk serta layanan yang dapat mencakup kebutuhan masyarakat saat ini. Ini bukan cara yang mudah tapi perlu dilakukan agar industri terus berkembang di tengah situasi yang tidak menentu,” jelas Kuseryansyah secara terpisah.

Dengan kemajuan teknologi electronic know your customer (E-KYC) dan digitalisasi yang sudah diterapkan oleh UangTeman, perusahaan pionir fintech lending saat ini, semua proses mulai dari mengunduh aplikasi, pengajuan pinjaman, verifikasi data, perjanjian digital, pencairan, sampai dengan penagihan dapat dilakukan melalui teknologi finansial.

“Dengan itu, kebutuhan keuangan masyarakat yang mungkin muncul dalam kondisi saat ini bisa tetap terpenuhi dengan baik, bahkan kami mencatat ada pertumbuhan mencapai 20% untuk pengajuan di aplikasi UangTeman dalam beberapa hari ini” ujar Head of Corporate Affairs UangTeman, Roberto Sumabrata.

Roberto juga mengatakan bahwa UangTeman sedang menyiapkan layanan tambahan yang bertujuan untuk membantu dan memudahkan masyarakat melalui teknologi finansial. Apalagi, perkembangan terkait isu virus Covid-19 ini berdampak pada perekonomian masyarakat.

“Kami sangat prihatin dan memahami kondisi yang terjadi, karena itu kami sedang menyiapkan layanan tambahan untuk membantu memberikan kemudahan akses layanan keuangan kepada masyarakat sebagai komitmen kami dalam mendukung perekonomian Indonesia,” kata dia. (SKO)

RELATED NEWS