Masyarakat Antusias dengan Wacana Dibangunnya Bandara Peritis di Pacitan

SP - Senin, 24 Februari 2020 08:31 WIB
Desain Arsitektur Bangunan Museum Seni SBY-ANI undefined

Peletakan batu pertama pembangunan Galeri Seni SBY-Ani membawa dampak siginifikan pada para pungusaha hotel di Pacitan tetapi juga para pedangan kecil yang berjualan di area-area berdekatan dengan lokasi kegiatan SBY. Yang tak kalah penting adalah wacana akan dibangunnya Bandara Rintisan di Pacitan untuk memudahkan akses kunjungan ke Pacitan.

"Museum ini memberikan pelajaran dan pengalaman bagaimana perjuangan Pak SBY dan Ibu Ani. Museum ini akan menjadi gravitasi baru bagi Pacitan," kata Gubernur Khofifah saat sambutan dalam peletakan batu pertama Museum dan Galeri Seni SBY-ANI di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, pada Sabtu, 22 Februari 2020.

Gubernur Khofifah mengaku sudah berembug dengan Wakil Gubernur Emil Elestianto Dardak yang juga hadir pada kesempatan tersebut. Semua dilakukan agar akses wisatawan ke Pacitan lebih lancar. Opsi pembukaan akses transportasi lain, seperti lapangan terbang perintis harus dilakukan meskipun sudah ada Jalan Lintas Selatan.

"Infrastruktur yang ada mungkin dari Solo, dari Yogya, lebih memungkinan bisa mengakses ke sini. Nah kemungkinan akan bisa disiapkan lapangan terbang perintis," terang Khofifah. Hal tersebut memungkinkan dan diharapkan jadi penyambung antardaerah di Jatim, seperti dioperasikannya Bandara Trunojoyo di Kabupaten Sumenep, Madura, dan Bandara Bawean di Gresik. "Ini sangat memungkinkan, terlebih potensi wisata alam Pacitan juga sangat besar dan indah sekali. Sehingga sekarang butuh disiapkan feasibility studinya, karena di sini banyak pegunungan," ujar Khofifah.

Bupati Pacitan, Indartato menyambut antusias dengan Museum dan Galeri Seni SBY-ANI. Ia meyakini kunjungan wisata ke Pacitan akan meningkat. "Mudah-mudahan dengan adanya museum ini jumlah pengunjung ke Pacitan meningkat," katanya.

Masyarakat Pacitan pun sangat antusias dengan pembangunan Galeri Seni SBY-ANI. “Semoga pembangunan Galeri Seni SBY-ANI segera kelar sehingga akan semakin banyak orang berkunjung ke Pacitan. Terlebih dengan janji Bu Gubernur bahwa akan membangun lapangan terbang perintis, tentu memberikan efek bagus bagi perkembangan perekonomian masyarakat Pacitan”, ungkap Intan saat dikonfirmasi halopacitan (23/02/2020).

Peletakan batu pertama pembangunan Galeri Seni SBY-ANI turut menghadirkan tokoh-tokoh penting mulai pejabat publik, pengusaha, para menteri dan pejabat tinggi di zaman pemerintahan SBY. Bukan hanya Khofifah dan Emil Dardak, Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, acara tersebut juga dihadiri oleh Wakil Presiden Kesebelas Budiono, jajaran menteri dan pejabat Kabinet Indonesia Bersatu masa SBY menjabat presiden, seperti Dahlan Iskan, M. Nuh, Hatta Rajasa, Zulkifli Hasan, Andi Mallarangeng, Chairul Tanjung, Roy Suryo, dan sejumlah artis yang telah menduduki jabatan publik seperti Dede Yusuf, dan lain-lain.

Bagikan

RELATED NEWS