Membuat Hand Sanitizer Rumahan

Halo Sehat 24 Mar 2020, By Deny Aprilia
Membuat Hand Sanitizer Rumahan (dokumen pribadi)

Semenjak wabah virus Covid-19 meluas dan World Health Organization (WHO) mengumumkan sebagai pandemi, fenomena yang mengkhawatirkan terjadi yaitu kelangkaan alat medis dan kesehatan lainnya. Tidak hanya masker, tetapi hand sanitizer yang dimanfaatkan sebagai pencegahan terhadap penularan virus Covid-19 yang tengah mewabah saat ini juga menjadi hal langka.

Jika pun ada, maka warga harus mengeluarkan dana yang lebih besar untuk mendapatkannya. Dikarenakan harga yang terbandrol sangat ini bisa dikatakan berlipat 2 kali bahkan hingga 3 kali lipat diatas harga normal. Di Pacitan sendiri harga hand sanitizer 100 ml dibandrol dengan Rp 65.000 rupiah itu pun hanya tersedia di toko-toko online.

Hand sanitizer adalah produk pembersih tangan berbasis alkohol yang bisa berbentuk gel atau cairan. Produk ini digunakan untuk membersihkan tangan agar bersih dari virus dan bakteri. Walaupun tidak seefektif air dan sabun, hand sanitizer dapat dimanfaatkan ketika kamu kesulitan menemukan air bersih dan sabun untuk mencuci tangan.

Langka dan mahalnya hand sanitaizer, membuat masyarakat berinisiatif untuk membuatnya sendiri. Seperti yang dilakukan Dyas Elfa Ananda Bornea yang membagikan tips pembuatan hand sanitizer mandiri kepada halopacitan. “Saya membuat hand sanitizer ini dapat resep dari dosen saya semasa kuliah dulu. Nah, Beliau sendiri juga dapat ilmu dari salah satu guru besar Adapun bahan dan cara pembuatan yang ia gunakan adalah sebagai berikut.

Cara Pembuatan Hand Sanitizer

Bahan

  1. Air rebusan daun sirih sebagai antiseptik (daun sirih 10 lembar + 500 ml air, rebus selama 15-30 menit)
  2. Alkohol dengan kadar 95% atau kadar 70% juga sebagai antiseptik.
  3. Aloe vera gel (lidah buaya) sebagai pelembab.

Cara Pembuatan

  1. Air rebusan sirih (500 ml hasil rebusan dengan 10 lembar sirih), masukkan ke dalam wadah. Setelah itu biarkan hingga 10 menit agar air menjadi lebih dingin.
  2. Siapkan 150 gram aloe vera yang sudah dibersihkan kulitnya, hancurkan/lumat dengan saringan dan kemudian dimasukkan dalam air rebusan sirih. Aduk sampai merata (Aloe vera sudah tercampur seluruhnya dengan air rebusan sirih.
  3. Ukur alkohol 70% sebanyak 100 ml,  masukkan ke dalam campuran air rebusan sirih dan aloe vera. Fungsi aloe vera gel untuk melembabkan, karena sifat alkohol mengeringkan kulit dan bisa iristasi. Semakin banyak Aloe gel semakin bagus namun tekstur hand sanitizernya akan semakin kental.
  4. Setelah semuanya tercampur, masukkan cairan ke dalam botol kecil sesuai ukuran yang diinginkan.

Dyas memilih untuk membuat sendiri hand sanitizer dikarenakan semakin langkanya keberadaan hand sanitizer di pasaran. Saat ditanya darimana mendapatkan resepnya, Dyas menyampaikan kalau mendapatkan resepnya dari dosennya semasa kuliah dulu. “Saya mencoba mempraktikkan apa yang diberikan oleh dosen saya, yang Beliau juga mendapatkan resep tersebut dari salah seorang pakar Universitas terkemuka di Indonesia. Sungguh ini sangat bermanfaat, di tengah semakin mahalnya hand sanitizer, alangkah baiknya membuat sendiri di rumah, dengan bahan-bahan yang ada. Bahannya juga gampang di dapatkan.” Terang owner NJ-Craft tersebut.

undefined

SP