Memilih Jadi Pengusaha Keripik Daun Singkong, Uli Relakan Kariernya

SP - Senin, 13 Juli 2020 05:50 WIB
Uli, Wirausaha Sukses Asal Pacitan dengan Produk Keripik Daun Singkong undefined

Yuli Endras Pratiwi, atau akrab dipanggil Uli, perempuan asal Pacitan ini sukses di Tangerang dengan kreativitasnya. Di tangannya daun singkong disulap menjadi keripik yang bernilai gizi tinggi dan nilai ekonomi tinggi.

“Berawal saya memensiunkan diri setelah mengabdi selama 13 tahun di 3 pabrik pengolahan pangan dan di instansi pendidikan. Selama 2 tahun sebagai asisten laboratorium pertanian, 3 tahun di PT Pulau Sambu Kuala Enok Riau, 7 tahun di PT Kobe Boga Utama Tangerang sebagai supervisor departemen Noodle, dan di PT Ki Antaka Rasa 1 tahun di Tangerang sebagai supervisor RnD. Dengan bekal ilmu serta pengalaman tersebut saya memutuskan untuk berwirausaha.”, ungkap perempuan kelahiran Pacitan tersebut melalui chating WatsApp.

“Berniat untuk bisa mempunyai waktu lebih di rumah, saya membuat olahan bandeng presto. Saya pun terus berinovasi, saya trial membuat keripik daun singkong sebagai suport produk, pemasarannya sama seperti bandeng presto yaitu lewat tukang sayur dan pasar dekat rumah saya. Saat ada program TOX (Training Of Export) dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dsiperindag) Kabupaten Tangerang. Produk saya lolos kurasi (penilaian) sebagai salah satu produk ekspor”, lajut Uli.

Uli menyampaikan rasa syukurnya karena produk keripik berbahan daun singkong mulai merambah retail modern. Daun singkong yang murah nilai jual sebagai sayur dan jumlahnya melimpah sayang kalau tidak dibuat olahan inovasi.

“Saya terus menambah ilmu. Salah satunya dengan mengikuti program TOX selama 1 tahun yang diselenggarakan oleh Disperindag Kabupaten Tangerang dengan DJPEN (Direktorat Jendral Pengembangan Ekspor Nasional) PPEI (Pendidikan Dan Pelatihan Ekspor Indonesia) pemasaran sekarang merambah ke retail modern hypermart, alfamart dan saat ini masih proses di lirik indomart “, imbuhnya.

“Di masa pandemi ini sangat penting menjaga imun tubuh. Ngemil yang sehat adalah ngemil berbahan dasar sehat dan bergizi. Salah satu alternatif pilihan camilah adalah Janeco, keripik daun singkong. Banyak yang bisa dimanfaatkan di sekeliling kita. Berwirausaha akan membuat kita tenang dan selalu punya waktu untuk keluarga”, pungkasnya.

Bagikan

RELATED NEWS