Mendes PDTT, Kagumi SDA Pacitan

SP - Jumat, 17 Januari 2020 05:09 WIB
Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Kunjungi Pacitan undefined

Hari ini, Kamis (16/01/2020) Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskadar, berkunjung ke Pacitan. Kunjungan pria yang merupakan mantan Wakil Ketua DPRD Jawa Timur ini digelar di Balai Desa Sirnoboyo, Jalan KA Petung nomor 62 Pacitan.

Abdul Halim Iskandar, diam-diam mengagumi Pacitan, yang disebutnya kaya akan potensi Sumber Daya Alam (SDA). “Hingga saat ini Kabupaten Pacitan masih menjadi daerah nelayan. Selain itu potensi pertambangan, pariwisata, dan sumber daya alam lainnya harus bisa dikelola. Kita hampir punya semuanya di daerah Kabupaten Pacitan, yang kita masih kurang di sini adalah pendanaan dan memaksimalkan potensi itu”, ungkap kakak kandung Muhaimin Iskandar tersebut.

Berkaitan dengan tugasnya sebagai Mendes PDTT, Halim mengingatkan agar dana desa dikelola secara profesional. “Sebab maju mundurnya sebuah daerah, ujung tombaknya adalah kepala desa. Dana desa harus diolah dengan swakelola, dengan menyisihkan 30% dari anggaran pembangunan infrastruktur untuk upah pekerja yang merupakan warga desa setempat, sehingga memberikan dampak positif bagi perekonomian warga juga”. Dalam hal melaksanakan kinerja sehari-hari kepala desa harus mau melakukan tiga poin untuk membawa desanya lebih maju dan dicintai oleh masyarakatnya, yakni konsolidasi diri, konsolidasi pemerintah, dan pembangunan. "Konsolidasi diri harus banyak mendengar, banyak bergaul, banyak belajar. Dan belajarlah membuat perencanaan pembangunan yang baik maka saya yakin kamu dicintai rakyatnya," ujarnya.

Selain itu, Mendes PDTT juga mengingatkan terkait dengan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Menurutnya, Bumdes harus dikelola dan dimanfaatkan seluas-luasnya untuk kemakmuran masyarakat. Halim sangat mengapresiasi kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Pacitan yang sangat baik. “Bupati dan Wakil Bupatinya sangat energik. Saya yakin dengan kemampuan Beliau Kabupaten Pacitan akan menjadi kabupaten yang maju.

Sementara itu, Wakil Bupati Pacitan, Yudi Sumbogo mengatakan bahwa kehadiran Mendes PDTT merupakan sebuah kebanggaan tersediri bagi seluruh jajaran dan elemen masyarakat yang ada di daerahnya. Yudi Sumbogo berharap, “ Dengan kedatangan Pak Menteri ini, tentunya diharapkan bisa memberikan arahan dan beberapa keberkahan bagi daerah dan desa-desa kita yang saat ini sedang giat-giatnya membangun”.

Bagikan

RELATED NEWS