Menjaga Kondisi Tubuh di Musim Pancaroba

Halo Sehat 25 Jun 2020, By A. Tri Armasyah
Menjaga Kondisi Tubuh di Musim Pancaroba (halopacitan/istimewa)

Akhir Maret hingga awal Mei 2020, sebagian besar wilayah Indonesia diprediksi akan memasuki periode pancaroba, yaitu peralihan musim dari penghujan menuju kemarau. Prediksi tersebut disampaikan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer. Namun perubahan iklim ini baru dirasakan oleh warga Pacitan dalam 2 minggu ini.

Beberapa hari ini saat siang, langit sangat cerah tanpa awan tetapi disertai hembusan angin dengan intensitas yang lebih kencang dari biasanya. Di malam hari, suhu terasa lebih dingin, yang biasa disebut orang Jawa dengan sebutan “bediding”.

Untuk itu, masyarakat perlu menjaga kondisi tubuh dengan baik. Tanpa memiliki daya tahan tubuh yang optimal, maka tubuh akan mengalami kesulitan beradaptasi dengan perubahan cuaca. Berikut ini ada beberapa tips untuk mejaga daya tahan tubuh di tengah perubahan cuaca seperti dilansir dari Halodoc.com.

Makan Makanan Bergizi

Pejuang sistem kekebalan tubuh kita membutuhkan makanan yang baik untuk melawan penyakit. Oleh karena itu, makan makanan bergizi seimbang akan sangat membantu.

Jangan Lupa Cukup Minum

Selain makan makanan bergizi, kamu juga harus menjaga konsumsi cairan harian. Jangan sampai kamu kurang cairan, karena akan membuat tubuh rentan mengalami dehidrasi. Tetap minum sebanyak delapan gelas setiap hari. Kurangi konsumsi minuman bersoda, tinggi gula, atau kafein, karena akan mudah membuat perut kembung.

Cukup Tidur

Salah satu cara yang paling tepat agar tubuh tetap sehat adalah cukup tidur. Itu berarti kamu harus tidur selama 7 hingga 9 jam setiap malam. Saat kamu tidur, tubuh akan menggunakan waktu itu untuk melakukan pemulihan kritis dan perbaikan fungsi-fungsi penting, termasuk sistem kekebalan tubuh.

Kelola Stres dengan Baik

Stres juga dapat membuat perbedaan besar bagi sistem kekebalan tubuh, terutama ketika ada peristiwa yang mengkhawatirkan atau ketidakpastian yang terjadi di dunia sekitar. Coba lakukan hal-hal yang bisa buat kamu rileks, seperti membaca, meditasi, yoga, mendengarkan musik, makan makanan yang kamu suka, menonton, bermain dengan hewan peliharaan atau bermesraan dengan pasangan.

Olahraga

Olahraga juga dapat menjaga fungsi tubuh dengan baik. Ini karena olahraga akan mengurangi peradangan dan mendukung sel-sel yang melawan infeksi. Jika kamu bekerja dari rumah, ada banyak cara untuk tetap berkeringat.

Jaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Menjaga kebersihan diri dan lingkungan di sekitar dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Di tengah badai pandemic, secara rutin cuci tangan pakai sabun selama 20 detik, dan membersihkan area tempat tinggal dapat mencegah kita terkena gangguan kesehatan.

undefined

SP