Menko Marves dan Menhub Apresiasi Alat Deteksi Corona GeNose Buatan UGM

SP - Senin, 25 Januari 2021 07:10 WIB
Genose, Alat detektor COVID-19 Buatan UGM undefined

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memberikan apresiasi kepada tim GeNose dari UGM yang telah menciptakan inovasi alat deteksi virus corona.

Seperti dilansir dari Trenasia.com Sabtu (23/1/2021) Apresiasi ini diberikan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan dalam kunjungan bersama Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat menyaksikan langsung penggunaan GeNose di Stasiun KA Pasar Senen, Jakarta, Sabtu 23 Januari 2021.

Luhut Binsar Pandjaitan melakukan uji coba langsung terhadap alat deteksi COVID-19 GeNose karya Universitas Gadjah Mada (UGM). Luhut mencoba alat deteksi GeNose dengan cara menghembuskan nafas ketiga ke dalam kantung yang telah disiapkan. Hasilnya, ia dinyatakan negatif COVID-19.

“Ke depannya kita akan gunakan ini di semua area publik seperti di hotel, mal, di lingkungan masyarakat RT/RW. Alatnya hanya seharga Rp62 juta dan harga per orangnya hanya dikenakan sekitar Rp20.000,” ujar Luhut. “Dan tentunya kita harus bangga karena ini buatan Indonesia,” tambah Luhut.

Ia pun menyarankan, agar plastik yang digunakan pada alat ini dapat menggunakan bahan yang dapat didaur ulang agar lebih ramah lingkungan

Pemerintah mendorong penggunaan alat deteksi Covid-19 “GeNose” di simpul-simpul transportasi umum seperti di Stasiun Kereta Api, Bandara, Pelabuhan dan Terminal.

Menko Marves mengatakan, jika pemakaian GeNose lebih banyak, barang tentu harganya akan semakin turun. Sehingga, nantinya alat tersebut makin bisa dikembangkan dan mempunya akurasi yang akan lebih tajam.

Lebih lanjut, ia menyatakan bahwa alat GeNose ini telah mendapatkan izin edar dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Kelebihan dari alat ini di antaranya bisa mendeteksi lebih cepat dan harga yang relatif lebih murah dengan akurasi di atas 90%.

Bagikan

RELATED NEWS