Pedagang di Pacitan Belum Familyer dengan Face Shield

Halo Berita 18 Jun 2020, By Rahmat DS
Pedagang di Pacitan Belum Familyer dengan Face Shield (halopacitan/rahmat DS)

Satuan Tugas Penanganan COVID-19 sesalkan pedagang di sejumlah pasar di Pacitan yang belum sadar menggunakan face shield dan masker yang belum tepat digunakan. Padahal penularan COVID-19  di Pacitan terbilang masih cukup tinggi, kendati sudah 8 pasien yang telah dinyatakan sembuh.

Juru bicara Percepatan Penaganan COVID-19 Pacitan, Rahmad Dwiyanto, saat dikofirmasi halopacitan, Kamis (18 Juni 2020) menyampaikan keprihatinannya dengan masih belum sadarnya para pedagang di pasar untuk memakai face shield. “Inilah masyarakat kita. Himbauan sudah terus kami lakukan, bahkan beberapa waktu lalu bapak Bupati telah membagikan face shield kepada sejumlah pedagang, tetapi pada kenyataannya masih banyak yang tidak dipakai”.

“Demikian juga dengan kesadaran memakai masker. Rata-rata mereka belum menggunakan masker dengan tepat. Masker dikalungkan di leher saja, jadi justru tidak menutup mulut dan hidung. Mari kita sadari bersama bahwa maskerku menyelamatkanmu, dan maskermu menyelamatkanku”, imbuhnya.

Halopacitan sempat mewawancarai salah satu pedagang di Pasar Minulyo Pacitan mengapa tidak menggunakan face shield, ada yang menjawab belum kebagian karena tidak semua pedagang mendapatkan, tetapi ada juga yang sudah mendapatkan face shield tetapi mereka merasa ribet dan mengganggu.

“Alhamdulillah beberapa waktu lalu sudah dibagikan face shield oleh Bapak Bupati Pacitan”, ujar Intan salah satu pedagang di Pasar Minulyo.

“Saya berusaha makai, tetapi lama-lama agak mengganggu. Makanya kalau pas tidak ada pembeli saya lepas”, ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Rahmad Dwiyanto menyampaikan bahwa saat ini sudah bukan waktunya lagi untuk menghimbau tetapi kita benar-benar harus tegas., “Saya sudah meminta agar gerakan menekan penularan COVID-19 ini bukan saja sekedar himbauan. Ini masih terus kami komunikasikan dengan dinas terkait agar mereka tegas. Kalau datang ke pasar tidak memakai masker, petugas ya harus tegas. Dan apabila ada pedagang yang tidak bermasker dan tidak memakai face shield petugas juga harus tegas”, tutup laki-laki yang juga sebagai Kepala Dinas Komunikasi Informatika Pacitan tersebut.

undefined

SP