Pemerintah Jamin Keselamatan Pesepeda, Yuk Simak Kata Menhub

SP - Sabtu, 17 Oktober 2020 20:57 WIB
Ilustrasi: Bersepeda Olah Raga Sehat dan Ramah Lingkungan. Pemeritah Pastikan Beri Perlindungan pada Pesepeda undefined

Pandemi COVID-19 mengajarkan banyak hal pada manusia. Salah satunya adalah mengingatkan kita untuk hidup bersih dan sehat. Bersepeda saat ini menjadi salah satu olahraga pilihan di tengah pandemi. Mulai anak-anak hingga orang dewasa saat ini mulai gowes kembali, setelah kebiasaan ini lama ditinggalkan. Oleh karenanya Kementrian Perhubungan (Kemenhub) saat ini gencar mengkampanyekan penggunaan sepeda.

"Sepeda bisa menjadi bagian dari integrasi antarmoda yang baik dengan transportasi publik seperti KRL, MRT, dan BRT," ujar Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi dalam konferensi pers virtual, Sabtu (17/10/2020), seperti dilansir dari kompas.com.

Dalam kesempatan tersebut Menhub menilai, saat ini bersepeda menjadi suatu tren dan gaya hidup baru di tengah pandemi. Oleh karenanya, bersepeda dapat menjadi salah satu pilihan moda transportasi bagi masyarakat untuk melakukan aktivitasnya sehari-hari.

"Karena sepeda merupakan transportasi yang ramah lingkungan dan menyehatkan. Hal tersebut merupakan bentuk dari Non Motorized Transportation (NMT) yang digunakan dalam tahapan first mile dan last mile saat berproses menggunakan transportasi publik”, ungkap Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) itu.

Budi memastikan pihaknya hadir untuk memberikan jaminan keselamatan dan keamanan bersepeda bagi masyarakat melalui Peraturan Menhub Nomor 59 Tahun 2020 tentang Keselamatan Pesepeda di Jalan.

“Dengan antusiasme masyarakat yang tinggi terhadap penggunaan sepeda, jangan sampai mengabaikan keselamatan yang mendatangkan penyesalan. Bersepeda dengan selamat menjadi suatu keharusan,” kata dia.

Pascaditerbitkannya aturan tersebut, Budi meminta kepada seluruh masyarakat untuk selalu menggunakan perlengkapan keselamatan saat mengendarai sepeda seperti helm dan pelindung lainnya.

“Kami ingin Indonesia dapat menjadi salah satu negara yang menghargai dan menjaga kelestarian lingkungan dengan menggunakan transportasi yang bebas emisi seperti sepeda. Mari kita bersama menjadikan Indonesia yang ramah pesepeda,” pungkasnya.


Bagikan

RELATED NEWS