Pencanangan Germas, Puskesmas Kedungbendo Gandeng Lima Desa Tanda Tangani Komitmen

SP - Sabtu, 07 Desember 2019 02:08 WIB
Germas Kecamatan Arjosari undefined

Sabtu (4/12/2019) Puskesmas Kedungbendo mengumpulkan para kader kesehatan dilingkup wilayah kerjanya, yaitu Desa Borang, Desa Gegeran, Desa Kedungbendo, Desa Jetis Kidul dan Desa Mangunharjo. Bertempat di Balai Desa Mangunharjo Kecamatan Arjosari, mereka berkumpul bersama untuk menyukseskan Pencanangan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Acara yang digelar oleh Puskesmas Kedungbendo, bertujuan untuk menyebarlusakan informasi tentang pentingnya kesehatan masyarakat, utamanya desa-desa dalam naungan wilayah kerja Puskesmas Kedungbendo yang masih berada pada taraf prasehat.

Diungkapkan dr. Farida Sony Indarti, “Berdasarkan survey Keluarga Sehat, kita masih mempunyai PR besar terkait kesehatan masyarakat. Data yang kami terima, untuk kondisi kesehatan masyarakat dalam wilayah kerja kami masih berada pada taraf prasehat, beberapa juga masih ada yang kurang sehat”, jelas Kepala Puskesmas Kedungbendo tersebut.

Kegiatan Pencanangan Germas ini sebagai tindak lanjut dari program Kementrian Kesehatan untuk membudayakan masyarakat agar terbiasa dengan hidup sehat. Menggandeng kader kesehatan setiap desa, Puskesmas Kedungbendo berharap mampu menjangkau masyarakat lebih merata. Acara yang dihadiri oleh Camat Arjosari, Sugeng Widodo, S.Sos., M.M., dilengkapi dengan penandatangan komitmen bersama antara Puskesmas Kedungbendo dengan 5 desa di wilayah kerja Puskesmas Kedungbendo.

Penandatanganan dipimpin langsung oleh Camat Arjosari, kemudian diikuti oleh pembubuhan tanda tangan Kepala Puskesmas Kedunngbendo dan masing-masing Kepala Desa di wilayah kerja Puskesmas Kedungbendo.

Sebagai langkah awal “Ada 7 indikator yang ditekankan oleh Kementrian Kesehatan tahun ini mungkin untuk bebebrapa tahun awal hanya fokus dalam 3 indikator, yaitu aktifitas fisik, karena zaman sekarang olahraga sudah jarang dilakukan, kita kembali membudayakan itu, salah satunya dengan senam peregangan. Kita mulai dari teman-teman Puskesmas sendiri setiap jam 10 dan jam 2 siang kita melakukan Senam Peregangan. Karena setelah sekian jam bekerja, duduk, butuh relaksasi, hari ini kita sampaikan ke seluruh desa, nanti kita bagikan CD rekaman senam peregangan kepada desa, agar bisa dipelajari dan diterapkan. Indikator kedua adalah konsumsi buah dan sayur dan cek kesehatan berkala agar tahu faktor risiko yang ada dalam tubuh kita” lanjut dr. Farida Sony Indarti.

Selain Penandatanganan Komitmen Bersama, pada kegatan tersebut juga dilaksanakan jalan sehat yang diberangkatkan langsung oleh Camat Arjosari. Llomba poster kesehatan, lomba emotional demonstration (Emodemo), juga lomba yel-yel ikut memeriahkan kegiatan tersebut. Juara Lomba Poster adalah Desa Mangunharjo, Desa Borang dan Desa Jetis Kidul. Lomba emodemo dimenangkan oleh Desa Borang, Desa Kedungbendo, Desa Mangunharjo sedangkan lomba yel-yel dimenangkan oleh desa Borang dan Kedungbedo.

Bagikan

RELATED NEWS