Penuhi Janji, Unesa Siap Berikan Beasiswa Bagi Kontingen Indonesia di Ajang Paralimpiade Tokyo 2020

Rahmat Deny - Rabu, 08 September 2021 20:12 WIB
Rektor Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes.

Rektor Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes. memenuhi janjinya untuk memberikan bonus beasiswa sebagai bentuk penghargaan atas apa yang sudah dicapai oleh Khalimatus maupun seluruh kontingen yang ingin meneruskan pendidikan mulai jenjang S1 maupun S3.

Seperti diketahui, sebelumnya, Nurhasan sudah mengutarakan itu saat live Instagram bersama Kadispora Jatim Drs. Supratomo, M.Si dan Khalimatus Sa'diyah, atlet paralimpiade asal Jatim pada 25 Agustus 2021 lalu.

Beasiswa tersebut tidak hanya untuk yang pulang membawa medali, tetapi untuk seluruh atlet yang berjuang di ajang olahraga dunia yang bergengsi itu.

“Dari mereka kalau ada yang berminat kuliah S-1, S-2 atau S-3 silahkan, kita siapkan gratis,” ujarnya.seperti dikutip dari laman unesa.ac.id Rabu (8/9/2021).

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa pendidikan gratis tersebut adalah upaya UNESA memberikan apresiasi untuk para atlet disabilitas. Selain itu, sebagai wujud komitmen UNESA sebagai kampus ramah disabilitas dalam mendorong dan meningkatkan prestasi olahraga disabilitas pada khususnya dan olahraga Indonesia pada umumnya.

Komitmen Unesa dalam mendukung para atlet paralimpik tidak hanya itu, sebelumnya, dalam rangka mempersiapkan diri menghadapi Pekan Paralimpik Nasional XVI di Papua November nanti, sebanyak 71 atlet berlatih dalam di pemusatan Latihan daerah yang diselenggarakan di Universitas Negeri Surabaya 2-5 September.

Para atlet paralimpik itu akan bertanding di 10 cabang olahraga, yaitu adalah atletik, Boccia, Bulu tangkis, Judo tunanetra, menembak, panahan, renang, sepak bola, tenis meja, dan catur. Selain itu hadir pula 22 pelatih professional yang siap mendampingi para atlet dalam menjalani masa latihan.

Unesa memberikan fasilitas olahraga dan tenaga dalam bidang sport science yang dapat mendukung proses latihan para atlet sehingga nantinya mereka akan siap untuk mengharumkan nama Jawa Timur.

Editor: SP

RELATED NEWS