PILKADA Pacitan 2020, Tanpa Calon Independen

SP - Kamis, 27 Februari 2020 11:54 WIB
Rapat Pleno Penutupan Penyerahan Dukungan Calon Perseorangan undefined

Kurang lebih 209 hari ke depan, tepatnya tanggal 23 September 2020, perhelatan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pacitan akan digelar. Awalnya masyarakat memprediksikan bahwa PILKADA Pacitan akan lebih seru dengan hadirnya calon independen, tetapi ditunggu sampai dengan batas waktu, Ahad, 23 Februari 2020, pukul 24.00, tidak kunjung hadir.

Dilansir dari laman Bawaslu Pacitan, pada hari sebelumnya Bawaslu menerima informasi, pasangan Asto Sujarwo dan Kasmin (Askha) mengundurkan diri dari pencalonan. Sebagai sebuah komitmen dan janji pengawasan Bawaslu Pacitan tetap melakukan pengawasan sampai batas waktu penerimaan syarat dukungan bagi Calon Perseorangan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pacitan.

Syamsul Arifin, Koordinator Divisi Sengketa Bawaslu Kabupaten Pacitan memberikan keterangan jika Bawaslu akan tetap memastikan KPU menutup penyerahan dukungan calon perseorangan sampai batas waktu terakhir sesuai jadwal.

"Kepastian Pilkada Pacitan diikuti oleh Calon Perseorangan atau tidak jika sampai batas waktu penyerahan dukungan perseorangan ditutup dan Bawaslu akan memastikan itu", tegas Syamsul Lebih lanjut disampaikan, apapun kondisinya, calon perseorangan mengundurkan diri atau tidak mengundurkan diri, KPU harus tetap mengikuti tahapan - tahapan yang ada sesuai dengan peraturan perundang - undangan yang berlaku. Bawaslu Pacitan sebagai lembaga pengawas Pemilu memastikan semua itu berjalan dengan baik.

Sementara itu Ketua KPU Pacitan, Sulis Setyorini menegaskan, tidak adanya masa perpanjangan terhadap tahapan penyerahan syarat dukungan calon perseorangan. “Karena itu, kami nyatakan tidak ada bakal calon perseorangan yang mendaftar. Tahapan ini tidak ada masa perpanjangan,” kata Sulis Setyorini.

Lebih lanjut, Sulis Setyorini menegaskan, dengan tidak adanya syarat dukungan bakal calon yang disampaikan ke KPU, Pilbup Pacitan 2020 nanti, tidak akan ada kontestan dari jalur perseorangan atau independen.

Bagikan

RELATED NEWS