PKM 2021: Care-U Lotion, Lotion Aromaterapi dari Ekstrak Daun Pisang Produk Inovasi Mahasiswa Unesa

Rahmat Deny - Sabtu, 11 September 2021 20:04 WIB
Care-U Lotion, Lotion Aromaterapi dari Ekstrak Daun Pisang Produk Inovasi Mahasiswa Unesa (sumber: unesa.ac.id)

Ditengah Pandemi Covid-19 yang melanda, memantik ide mahasiswa untuk melakukan inovasi produk yang bermanfaat untuk masyarakat dan mempunyai nilai jual.  Guna membantu mengurangi stres dan gejala-gejalanya, mahasiswa PKM-K UNESA ciptakan losion aromaterapi dari ekstrak daun pisang yang diberi nama Care-U Lotion.

 

Care-u Lotion lahir dari Tim Mahasiswa Unesa yang berjumlah 5 orang, yaitu Desy Nur Rahmawati dari S-1 Bimbingan Konseling, Nadifa Nur Permata dari S-1 Pendidikan Kimia, Anik Novitasari S-1 Pendidikan Akuntansi, Rizki Mulianingsih S-1 Psikologi, dan Muhammad Qomaruddin Sya’bani S-1 Teknologi Pendidikan dengan Wiryo Nuryono, S.Pd., M.Pd., selaku dosen pembimbing.

 

Inovasi tersebut diusulkan dalam PKM-K dengan judul “Lotion Aromaterapi dari Ekstrak Daun Pisang Sebagai Produk Stres Release dan Relaksasi Kulit”.

 

Menurut Ketua PKM-K Desy,  mengatakan bahwa sejumlah pembatasan aktivitas selama pandemi dan kekhawatiran akan kondisi kesehatan termasuk kondisi ekonomi yang tertekan selama pandemi rentan menimbulkan stres, bahkan bisa sampai depresi.

 

Berdasarkan data, lanjutnya, masyarakat membutuhkan bahan atau obat penghilang stres. Lebih lanjut ia mengatakan bahwa stres juga bisa jadi pemicu utama masalah peradangan kulit, kulit berminyak, maupun kulit kering.

 

“Untuk membantu meringankan permasalahan tersebut, kami ciptakan Care-U Lotion ini,” jelas Desy, seperti dilansir dari laman unesa.ac.id Selasa (7/9/2021).

Ia menambahkan, Care-U merupakan losion aromaterapi alami dari ekstrak daun pisang raja. Kandungan serotonin pada pisang berkhasiat mengurangi stres. Dengan kandungan vitamin B dan vitamin E di dalamnya juga berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit.

 

Sementara itu, Wiryo selaku dosen pembimbing dari tim PKM-K mengatakan bahwa lotion temuan dan buatan mahasiswanya itu adalah upaya mahasiswa UNESA untuk membantu mengurangi stres dan kecemasan dampak pandemi.

 

“Semoga obat alternatif inovasi mahasiswa bisa membantu masyarakat, menjadi pemantik bagi mereka (mahasiswa bimbingannya, red) dan mahasiswa lain untuk terus menghadirkan inovasi dan terus berkontribusi untuk masyarakat,” harapnya.

 

RELATED NEWS