PPDB Membawa Berkah, Di Tengah Wabah

Halo Berita 3 Jul 2020, By Peri
PPDB  Membawa Berkah, Di Tengah Wabah (halopacitan/peri)

Meski sekolah masih libur dan entah sampai kapan siswa akan mulai aktif, namun para orang tua siswa mulai menyerang penjahit baju untuk seragam putra putrinya. Di tengah pandemi yang belum bisa diprediksi kapan berakhir, penjahit rumahan masih bisa menggeliat.

Tahun ajaran baru 2020 PPDB Tahun ajaran baru 2020/2021 membawa berkah terhadap usaha penjahit, yang sebelumnya terkena dampak  Pandemi COVID-19. Hal tersebut juga dirasakan oleh penjahit rumahan yang banyak menerima permintaan pembuatan seragam sekolah.

“Alhamdulillah, musim PPDB ini ada berkahnya, di tengah-tengah pandemi sebelumnya hanya membuat pesanan masker, sekarang banyak yamg membuat seragam sekolah”. kata Nur, salah satu penjahit di Desa Sukoharjo, Pacitan (3/06/2020).

Dia mengatakan, pesanan jahitan bertambah, sebagian besar pesanan seragam sekolah dan saat  ini sedang mengerjakan 12 stel seragam. Ia juga mengaku  tidak memiliki karyawan dan dikerjakan sendiri, kadang dalam proses finishing dibantu ibunya.

“Sejak seminggu yang lalu, mulai ada peningkatan kemungkian memasuki bulan Juli masih bertambah” . ungkap peremuan 28 tahun itu.

Selain seragam sekolah, juga melayani permak dan seragam perkantoran. Saat ini ia mengerjakan seragam tingkat SMP dan SMA, sementara mengingat masih masa belajar di rumah adanya pandemi COVID-19, untuk jenjang SD kemungkinan baru mulai pekan depan atau sedikit mundur. Menurutnya prospek bisnis menjahit hingga kini masih bagus karena konsumen kerap memiliki kecocokan tersendiri dengan penjahit.

Dalam prosesnya ia membutuhkan waktu lima hari untuk menyelesaikan satu stel  seragam. Untuk memperoleh hasil yang maksimal ia membutuhkan ketelatenan dan ketelitian.

“Yang penting teliti terlebih  saat menentukan ukuran harus benar-benar pas”. imbuhnya.

“Biasanya pelanggan membawa bahan dan gambar, tinggal nanti anaknya kita ukur dan menjahit sesuai ukuran.”. pungkasnya.

undefined

SP