Ratusan Sabun Cuci Tangan Gratis, Akan Sasar Seluruh Keluarga di Kedungbendo

Halo Warga 3 Apr 2020, By Deny Aprilia
Ratusan Sabun Cuci Tangan Gratis, Akan Sasar Seluruh Keluarga di Kedungbendo (Halopacitan/Deny Aprilia)

Pemerintah Desa Kedungbendo Kecamatan Arjosari Pacitan akan bagi ratusan sabun cuci tangan untuk seluruh kepala kelurga di wilayahnya. Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya memutus mata rantai COVID-19 yang makin massif di dunia termasuk Indonesia.

Langkah sigap diambil Pemerintah Desa Kedungbendo untuk menindaklanjuti anjuran pemerintah dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona ini, salah satunya dengan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat). Pemerintah Desa Kedungbendo, menyiapkan ratusan botol sabun cair yang akan dibagikan gratis kepada seluruh kepala keluarga yang ada di Desa Kedungbendo.

“Menindaklanjuti apa yang telah disampaikan pemerintah pusat maupun pemerintah kabupaten dalam upaya pencegahan memutus mata rantai COVID-19, yang jelas menjadi upaya kami terkait dengan penyediaan bantuan sabun cuci tangan itu difungsikan untuk seluruh kepala keluarga yang akan kami bagikan dalam waktu singkat ini. Itu bentuk upaya kami untuk mencegah penyebaran COVID-19 sekaligus bentuk penyadaran kepada masyarakat  yang akhirnya nanti akan kami sosialisasikan juga terkait dengan bahaya dari dampak virus tersebut,” jelas Anang Setyono, Sekretaris Desa Kedungbendo.

Sabun cuci tangan yang dibagikan berbentuk sabun cair yang tentunya mengandung antiseptik untuk membunuh kuman dan bakteri. Memilih untuk membagikan sabun cuci tangan, karena pada dasarnya mencuci tangan merupakan budaya hidup sehat yang telah mengakar sejak zaman dahulu. Mencuci tangan dengan sabunlah yang terbaik untuk menghancurkan virus sehingga pengadaan sabun cuci tangan untuk masyarakat menjadi prioritaskan dalam ranah menjaga kondisi kesehatan masyarakat. Utamanya dalam Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) terkait bagaimana cuci tangan yang baik setelah berinteraksi dengan orang lain atau saat sebelum masuk rumah yang seharusnya sudah diterapkan di masyarakat luas.

Disinggung mengenai prosedur pembagian sabun tersebut Anang menjelaskan, “Mekanisme pembagian yang jelas nanti kami kerja sama dengan pihak dusun dalam hal ini mereka lebih memahami kondisi dan juga secara jumlah itu yang paling paham di wilayah dusun masing-masing. Sekaligus nanti berkonsolidasi dengan pihak puskesmas terkait dengan penerapan bagaimana cuci tangan yang baik itu langkah kami, bersinergi dengan masyarakat setempat dalam hal ini bidang kesehatan Puskesms Kedungbendo agar nanti saat penerapan sudah sesuai prosedur,” jelas Sekertaris Desa Kedungbendo tersebut pada halopacitan, Kamis (02/04/2020).

undefined

SP