Sambal Tumpang, Makanan Zaman Kerajaan Mataram Hingga Kini, Yang Kaya Manfaat

Halo Berita 22 Nov 2020, By Pamungkas
Sambal Tumpang, Makanan Zaman Kerajaan Mataram Hingga Kini, Yang Kaya Manfaat (halopacitan/istimewa)

Sambal tumpang mungkin mulai asing bagi anak-anak muda bahkan tidak sedikit diantara mereka yang merasa asing dengan makanan khas ini. Sambal yang terbuat dari tempe yang sudah hampir busuk atau semangit, dihaluskan dan ditumis dengan bumbu dapur, santan.

Sambal tumpang ternyata sudah ada sejak zaman kerajaan nusantara. Sejarawan kuliner Jawa, Heri Priyatmoko menerangkan sejarah sambal tumpang merupakan salah satu penganan khas Indonesia, bahkan tertuang dalam Serat Centhini 1814-1823.

Dosen Fakultas Sastra, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta tersebut mengatakan bahwa  “Dalam bukti Serat Centhini ya dari 1814 sampai 1823. Itu sudah disebutkan ada sambal tumpang itu di bumi Mataram,” kata Heri, seperti dilansir dari kompas.com.

Lebih lanjut Heri mengatakan, dalam Serat Centhini ada banyak tokoh masyarakat yang melakukan perjalanan mengelilingi desa di daerah Jawa. Mereka masuk ke kampung-kampung untuk mengumpulkan ragam pengetahuan. Salah satunya adalah pengetahuan kuliner.

“Dalam dialog itu dikatakan si tamu tadi disuguhi oleh tuan rumah berupa sambal tumpang. Naskah itu sudah ditulis dua abad lampau,” terang Heri. Artinya, bahwa sambal tumpang bisa jadi telah ada lebih lama dari kejadian yang tercatat di Serat Centhini tersebut.

Sambal tumpang menjadi bukti kreativitas masyarakat Jawa mengolah bahan yang tersedia di sekitar mereka. Masyarakat kala itu berusaha mengolah bahan makanan yang oleh sebagian orang dianggap sudah tidak bisa dipakai karena proses pembusukan, namun di tangan orang-orang Jawa menjadi kuliner yang luar biasa.

Sambal tumpang sangat mudah dalam membuatnya. Dengan bahan dapur yang mudah didapat sajian ini tentu harus dilestarikan. Olahan ini masih banyak dibuat oleh masyarakat desa seperti di Pacitan Jawa Timur, namun untuk diperjualbelikan mulai minim.

Dalam penyajianya sambal tumpang memang mirip pecel. Dipadu dengan sayuran hijau, dan sambal tumpang disiramkan, dimakan bersama nasi hangat dan kerupuk. Paduan ini tentu akan menghasilkan makanan sehat karena fungsi tempe bosok ternyata juga sangat luar biasa.

Tempe bosok ternyata mempunyai kandungan yang dapat memberikan efek luar biasa. Manfaat tempe bosok diantaranya, menyembuhkan infeksi, menambah nafsu makan, mengatasi perut kembung, mengatasi kanker, penyedap rasa alami, cocok untuk diet, mengatasi resiko jantung dan nutrisi tulang.

undefined

SP