Sayur Lombok Utuh Kulit Melinjo, Sayur Khas Pacitan yang Menggiurkan

Halo Kuliner 11 Jan 2020, By Rahmat DS
Sayur Lombok Utuh Kulit Melinjo, Sayur Khas Pacitan yang Menggiurkan (halopacitan/istimewa)

Pacitan tidak saja dikenal dari pariwaisata yang sangat eksotik. Siapa yang tak kenal Pantai Kelayar, Watu Karung, Goa Gong dan sejuta keindahan alam yang disuguhkan Pacitan. Pacitan begitu menawan bagi para wisatawan, bukan saja dari wisatanya tetapi juga dari kulinernya.  Kuliner unik tetapi menggugah selera makan, bahkan orang-orang kota sering menyebut sebagai sayur ndeso. Sayur Lombok utuh kulit melinjo, dipadu dengan tempe mlanding dan juga tempe gembus menjadi hal yang dirindukan terlebih dengan lauk ikan laut Pacitan.

Lidah masyarakat Pacitan identik dengan pedas, kombinasi manis dan asin yang sedang dan bila menggunakan santan identik dengan kental dan kuah nyemek. Siapa pun yang tinggal di Pacitan atau pernah tinggal di Pacitan pasti akan selalu terkenang dengan sayur yang satu ini. Sayur Lombok utuh, dengan kekahasan cabai yang dihaluskan dengan bumbu lain tetapi ada juga cabai yang ditabur utuh. Sensasi ketika tiba-tiba cabai utuh itu bermain-main di dalam mulut kita dan tanpa sengaja terkunyah menjadi hal yang eksotik.

Bahan yang dibutuhkan untuk memasak sayur lombok utuh kulit melinjo, menurut Yuni,  salah satu warga Dusun Bengkal Tanjungsari Pacitan kepada halopacitan (11/01/2020) adalah  kacang panjang, tahu, kulit melinjo, cabe rawit utuh, santan encer, santan kental, 1 sdt gula jawa, rempah (2 cm lengkuas (geprek) , 2 lembar daun salam). Selain itu, dibutuhkan bumbu halus yang dibuat dari kombinasi bawang putih, bawang merah, kemiri, cabe rawit , secukupnya garam

Langkah membuatnya, potong tahu kotak-kotak, goreng setengah matang, sisihkan. Cuci bersih kulit melinjo, rebus sampai lunak, sisihkan. Potong kacang panjang, sisihkan.Tumis cabe rawit, angkat, tiriskan. Tumis bahan bumbu halus, sampai harum, angkat, tiriskan. Kemudian haluskan bahan bumbu halus. Rebus santan encer bersama rempah, tunggu sampai mendidih, masukkan bumbu, cabe rawit utuh, tahu goreng, kulit melinjo dan kacang panjang. Tunggu sampai kacang panjang lunak, masukkan gula jawa dan santan kental, aduk2, mendidih, koreksi rasa, angkat dan sajikan.

Sayur lombok utuh kulit melinjo akan lebih nikmat bila karbohidrat pendampingnya adalah nasi tiwul ditambah dan rebusan daun kenikir atau urap dengan kombinasi berbagai sayuran dengan bumbu kelapa muda.  Semakin hari sayur lombok utuh kulit melinjo akan semakin yummi dan pastinya akan semakin pedas. Kalian yang pernah tinggal di Pacitan atau sedang merindukan Pacitan, utamanya tentang kulinernya, semoga tulisan ini bisa menjadi sedikit obat rindu.

 

 

 

 

 

undefined

SP