Segudang Manfaat Bunga Telang (Clitoria Ternatea) untuk Kesehatan

Halo Sehat 29 Agt 2020, By Rahmat DS
Segudang Manfaat Bunga Telang (Clitoria Ternatea) untuk Kesehatan (halopacitan/istimewa)

Bunga telang dengan inovasinya saat ini banyak dikonsumsi masyarakat sebagai minuman herbal. Rasa dan warnanya yang eksotis, terlebih dengan campuran jeruk nipis, minuman berbahan dasar kembang telang ini mulai banyak dikonsumsi masyarakat.

Siapa sangka jenis tanaman merambat yang banyak di jumpai di hutan atau di pekarangan rumah penduduk ini banyak manfaatnya. Dilansir dari laman doktersehat, kembang telang memiliki banyak warna seperti warna putih, pink dan  ungu.

Siapa sangka kembang telang dibalik keindahannya juga mempunyai segudang manfaat. Selain sebagai pewarna makanan bunga telang memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh kita. Tak lain karena dalam kembang telang ini mengandung  flavonoid, fenol, alkaloid, saponin, sulfur, co-oksalat, triglucoside, delphirridin. Inilah manfaat bunga telang bagi kesehatan.

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Khasiat bunga telang telah diuji terhadap berbagai bakteri dan terbukti mampu melawan bakteri ketika dicerna secara teratur. Teh bunga telang cocok diminum selama musim dingin atau pancaroba ketika orang mudah terserang penyakit flu atau pilek. Konsumsilah minuman ini untuk meningkatkan sistem imun agar tubuh dapat melawan bakteri jahat dan terhindar dari berbagai penyakit.

2. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Metabolisme aktif yang sehat adalah hal sangat penting untuk mencegah kenaikan berat badan berlebih dan menjaga berat badan tetap sehat. Bunga telang dapat membantu proses ini dengan meningkatkan efek norepinefrin, hormon pembakar lemak.

3. Antipenuaan

Olahan bunga telang yang sarat dengan kandungan antioksidan. Senyawa ini sebagai penangkal radikal bebas yang memperlambat penuaan, terutama memperlambat kerutan di kulit.

4. Antiinflamasi

Larutan bubuk bunga telang, juga bermanfaat mengurangi suhu tubuh ketika seseorang menderita demam yang disebabkan peradangan. Ini berkat kandungan flavonoid, antioksidan kuat yang bermanfaat sebagai antiinflamasi dan sistem kekebalan tubuh.

5. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Sebuah penelitian terbaru dalam jurnal Psychopharmacology telah membuktikan bahwa theanine – enzim dalam bunga telang – berkhasiat untuk mengurangi dan mengatur tekanan darah tinggi (hipertensi) subjek penelitian.

6. Mengontrol Gula Darah

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Applied Pharmaceutical Science, menemukan bahwa manfaat bunga telang dalam bentuk serbuk terbukti mengurangi dan bahkan menstabilkan kadar konsentrasi glukosa dalam darah.

Selain meminum teh bunga telang untuk pengobatan diabetes, Anda juga harus membarenginya dengan pola makan sehat, yakni menghindari makanan yang ditambahkan gula.

7. Mencegah Insomnia

Teh bunga telang dibuat dengan mengeringkan daun bunganya yang diklasifikasikan sebagai teh herbal. Teh herbal ini tidak mengandung kafein dan khasiatnya dapat merangsang produksi dopamin yang dapat mengurangi stres dan kecemasan, sehingga membuat tidur lebih nyenyak. Bagi penderita insomnia disarankan minum teh bunga telang sebelum tidur.

8. Menyehatkan Kulit

Bunga telang juga bagus untuk kecantikan kulit. Ini karena sifat antiinflamasi dan antibakteri alami di dalamnya. Kedua senyawa ini tidak hanya berkhasiat mencegah tanda-tanda penuaan tetapi juga dapat melawan bakteri dan peradangan yang menyebabkan jerawat dan warna kulit tidak merata.

9. Menyehatkan Mata

Anda memiliki masalah kesehatan pada mata? Jika ya, mungkin Anda dapat memepertimbangkan untuk mengonsumsi olahan bunga telang, yakni dalam bentuk teh. Ini karena bunga telang mengandung antioksidan yang disebut proanthocyanidin. Senyawa ini berkhasiat melancarkan aliran darah ke kapiler mata, membantu pengobatan glaukoma, penglihatan kabur, kerusakan retina, atau mata lelah.

10. Mengurangi Lemak Penyebab Penyakit

Selain membakar kalori secara keseluruhan, khasiat bunga telang juga membantu mengurangi lemak yang menyebabkan penyakit, yakni lemak visceral. Jenis lemak ini dapat menutupi ruang di antara organ-organ dalam tubuh, yang pada akhirnya menyebabkan diabetes, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi.

Minum teh berwarna biru ini akan bekerja lebih baik ketika diikuti dengan pola makan sehat dan rajin berolahraga untuk membantu menghilangkan lemak visceral.

11. Menyehatkan Jantung

Penelitian hyperlipidemia membuktikan bunga telang mampu menekan trigliserida dan kolesterol total (500mg/kg) hingga tingkat yang sama seperti obat statin atorvastatin (50mg/kg) dan Gemfibrozil (50mg/kg). Manfaat pada trigliserida terlihat melalui aktivasi lipoprotein lipase (LPL).

12. Menyehatkan Otak

Bunga telang juga bermanfaat untuk mensupport daya ingat. Karena dengan mengkosumsi teh telang dapat peningkatan fungsi kolinergik, karena senyawa aktif utama (asetilkolin) yang mampu meningkatkan memori.

undefined

SP