Self Assessment Covid-19, Cara Mandiri Tahu Kondisi Seseorang

Halo Berita 25 Mar 2020, By Rahmat DS
Self Assessment Covid-19, Cara Mandiri Tahu Kondisi Seseorang (halopacitan/istimewa)

Edukasi terkait Covid-19 terus didengungkan.  Hal yang juga dilakukan Provinsi Jawa Timur adalah dengan melouncing laman JATIM TANGGAP COVID-19 dengan alamat infocovid.jatimprov.go.id. Pada laman tersebut terdapat berbagai menu seperti home, satgas COVID, Peta COVID, kenali COVID, kamus COVID, berita COVID, rujukan dan kontak.

Data terbaru berkaitan dengan COVID-19 di Jawa Timur, sampai dengan detail per Kabupaten dapat dikases melalui laman tersebut. Siapa pun bisa membuka laman tersebut, dan mencari informasi apa yang mereka inginkan terkait COVID-19 di Jawa Timur.

Self assessment, merupakan self pre-checkup, yaitu alat sederhana yang bisa membantu menentukan apakah anda sehat-sehat saja atau ada gejala yang memerlukan pemeriksaan dan pengujian lebih lanjut untuk COVID-19. Alat self assessment diadaptasi dari self assessment COVID-19 Britis Columbia, Canada. Anda dapat melakukan penilaian ini untuk diri sendiri maupun orang lain dengan variabel yang ada.

Cara melakukan self assessment, pertama buka laman infocovid19.jatimprov.go.id, maka akan muncul JATIM TANGGAP COVID-19, di situ terdapat pilihan, klik self assessment covid-19, maka akan terdapat variabel untuk deteksi awal seseorang terpapar Covid-19 atau tidak. Terdapat 6 variabel yang wajib dijawab dengan opsi pilihan jawaban ya atau tidak. Setelah selesai mengisi variabel/pertanyaan secara lengkap, maka akan muncul kesimpulan. Bila anda sehat maka akan muncul informasi bahwa anda kemungkinan besar tidak terinfeksi oleh Covid-19.

undefined

SP