Semarak Prestasi Siaga Kwarran Pacitan, Latih Anak Berdisiplin dan Sportif

SP - Rabu, 13 November 2019 20:21 WIB
Gelar Prestasi Saiaga Kwarran Pacitan undefined

Semarak Prestasi Siaga, Selasa (12/11/2019) membanjiri alun-alun Pacitan dengan semangat dan sorak-sorai kegembiraan seluruh pesertanya. Sejak pagi hari, alun-alun Pacitan perlahan dipadati oleh ratusan Siaga dari seluruh Perindukan Siaga se-Kwartir Ranting (Kwarran) Pacitan. Ratusan siswa dalam kategori Pramuka Siaga (umur7-10 tahun) dari seluruh SD/MI baik negeri maupun swasta di Kecamatan Pacitan turut andil dalam memeriahkan Prestasi Siaga tersebut.

Berbagai jenis perlombaan dalam Semarak Prestasi Siaga 2019 ini, diantaranya adalah estafet bendera, memasukkan paku ke dalam botol, paduan suara, hafalan surat pendek dan plastisin. Untuk lomba estafet bendera, memasukkan paku ke dalam botol dan paduan suara dilakukan secara beregu dengan ketentuan satu regu terdiri dari 6 siswa. Untuk perwakilan atas nama Perindukan Siaganya masing- masing lomba diikuti oleh regu Putra (PA) dan regu Putri (PI). Demikian pula untuk lomba dengan perwakilan mandiri seperti hafalan surat pendek dan plastisin juga diwakili dengan kategori Putra (PA) dan Putri (PI).

Nofiana Putri Utami, S.Pd., salah satu pendamping SD IT Ar-Rahmah Pacitan mengungkapkan kepuasannya, “Untuk Prestasi Siaga kali ini kami mendapat Juara 3 memasukkan paku dan juara 1 tahfidz putra juga putri. Hari ini panas, tapi tetap gembira, Alhamdullillah lumayan puas karena memang anak-anak siaga tampil apa adanya”, ungkapnya dengan gembira.

Kegiatan yang diprakarsai oleh Kwartir Ranting (Kwarran) Pacitan ini memberikan suntikan energi positif untuk setiap pesertanya. Walaupun berada di tanah lapang yang tidak bisa terhindar dari panas matahari, namun tak menyurutkan antusias siswa-siswi untuk mengikuti seluruh rangkaian acara hingga usai.

Seperti yang diungkapkan salah satu pendamping SDN 1 Sirnoboyo, Fuad Ansori, S.Pd., “Untuk anak-anak mengeluh panas dan haus itu sudah pasti ada beberapa, tetapi anak-anak tetap fun masih bisa menikmati dan mengikuti jalannya lomba-lomba, malah saat lombanya selesai banyak mereka yang minta untuk bermain lagi, minta permainanya diulang lagi”, ungkapnya usai kegiatan.

Terkait manfaat dan harapan dari kegiatan, Fuad menyampaikan “kegiatan kali ini manfaatnya untuk melatih kekompakan, kedisiplinan juga tanggung jawab anak-anak, tentunya juga untuk ajang bergembira bersama, mereka juga mendapat teman-teman baru dari Gudep (Gugus Depan) yang lain. Harapannya, semoga kegiatan yang sama di tahun depan dapat berjalan lebih baik lagi. Untuk peserta, latihan lebih ditingkatkan dan ke depan ia berharap agar panitia lebih konsisten dengan memberikan syarat-syarat yang jelas karena untuk melatih kedisiplinan. Misalnya dari awal ketentuannya berseepatu maka Pembina dan peserta pun diharapkan meentaatinya sehingga akan melatih anak-anak sportif.

Prestasi Siaga ini merupakan kegiatan yang dijadwalkan oleh Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Pacitan. Selama November ini terdapat 11 Kwarran yang menyelenggarakan Prestasi Siaga yang masing-masing terlaksana dari 2 November dan berakhir kemarin, 12 November 2019. Beberapa Kwarran yang telah menyelenggarakan Prestasi Siaga diantaranya adalah Kwarran Bandar, Kwarran Kebonagung, Kwarran Pringkuku, Kwarran Punung, Kwarran Donorojo, Kwarran Arjosari, Kwarran Ngadirojo, Kwarran Sudimoro, Kwarran Tegalombo, Kwarran Pacitan Dan Kwarran Nawangan.

Bagikan

RELATED NEWS