Semarakkan Hari Santri 2021, Kemenag Akan Gelar Pameran Pesantren Virtual

Rahmat Deny - Minggu, 29 Agustus 2021 14:29 WIB
Semarakkan Hari Santri 2021, Kemenag Akan Gelar Pameran Pesantren Virtual

Dalam rangka menyambut peringatan Hari Santri 2021, Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama, akan menggelar Pameran Pesantren Virtual (Pesantren Virtual Exhibition).

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani menjelaskan, Pesantren Virtual Exhibition adalah ajang pameran pesantren berbasis online. Masyarakat nantinya dapat mengunjungi ratusan stand pesantren dari berbagai daerah di tanah air hanya melalui gadget.

“Di tengah situasi pandemi Covid-19, pameran virtual yang berisi stand pesantren ini relevan untuk mempromosikan kepada publik tentang profil pesantren, pendaftaran santri baru, informasi beasiswa, karya kitab/buku, produk-produk bernilai ekonomi seperti komoditas, jasa, fashion, maupun inovasi teknologi yang sedang dikembangkan,” terang Ali Ramdhani seperti dilansir dari kemenag.go.id, Jumat (27/8/2021).

sumber: kemenag.go.id

Pendaftaran peserta pameran dibuka mulai 25 Agustus hingga 10 September 2021. Calon peserta dapat membuka tautan google form https://s.id/PVE2021 untuk mendaftarkan lembaganya.

Sementara itu, Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Waryono mengungkapkan bahwa peserta pameran virtual ini harus berasal dari lembaga pesantren atau lembaga pendidikan keagamaan Islam dan lembaga mitra yang memenuhi syarat untuk bergabung.

Lebih lanjut Waryono menjelaskan, panitia nantinya akan menyeleksi para peserta yang berhak bergabung dalam even ini, peserta yang masuk seleksi akan mendapatkan booth virtual. Di dalamnya akan dipasang nama dan logo pesantren/lembaga pendidikan beserta informasi lain yang ditampilkan secara digital melalui berbagai banner dan ikon yang disediakan.

Adapun syarat dan kewajiban peserta yaitu:

  1. pesantren dan lembaga berdomisili di Indonesia
  2. peserta wajib mengisi google form pendaftaran
  3. mengupload dokumen-dokumen kelembagaan pada google form tersebut sebagai syarat kepesertaan. Dokumen tersebut diantaranya:
  4. Logo (ukuran 300x300 pixel
  5. Link website
  6. 3 poster portrait (Uk. A4) dapat berupa profil, kegiatan maupun produk
  7. Link-link sosmed
  8. Company Profile dalam bentuk pdf
  9. No WhatsApp Pic Peserta

Kegiatan Pesantren Virtual Exhibition ini tidak dipungut biaya atau gratis. Bagi booth terbaik dan booth dengan kunjungan terbanyak akan mendapatkan hadian ratusan juta rupiah. Lembaga yang berminat, silakan mengunduh panduannya melalui https://s.id/PanduanPVE untuk informasi tentang syarat dan ketentuan peserta.

Editor: SP

RELATED NEWS