Stok Darah PMI Pacitan, Menipis

Halo Berita 9 Jul 2020, By Peri
Stok Darah  PMI Pacitan, Menipis (halopacitan/peri)

Stok Packed Red Cell (PRC) atau darah merah khususnya golongan darah A, B di PMI Pacitan,   menipis sedangkan yang golongan darah AB dan O masih aman walaupun juga menurun.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pacitan dr. Errisa Maisuritadevi M., Sp.PK.,M.Sc. saat dihubungi halopacitan, Kamis (09/07/2020)

“Stok darah saat ini menipis untuk PRC darah merah golongan A dan B sedangkan yang AB dan O walaupun juga menurun tapi masih keadaan aman.  Kekurangan darah mulai terjadi sejak sepekan terakhir”, kata dr. Errisa Maisuritadevi M., Sp.PK.,M.Sc.

Lebih lanjut dr. Errisa Maisuritadevi M., Sp.PK.,M.Sc. juga menjelaskan bahwa stok darah di PMI Kabupaten Pacitan, saat ini golongan darah A sebanyak 4, golongan darah B sebanyak 9 dan golongan darah O sebanyak 18 sedangkan golongan darah AB sebanyak 19.

Ia menuturkan  menipisnya stok darah tersebut, karena mobil unit PMI tidak beroperasi. Hal ini dilakukan untuk menjaga dan mengantisipasi penularan  COVID-19. Selain hal tersebut aktivitas masyarakat untuk mendonorkan darah juga semakin menurun.

“Selama COVID -19, permintaan pendonor tidak banyak dan menurun dari hari sebelumnya dan mobil unit PMI tidak jalan untuk menjaga dan mencegah penularan COVID-19”. imbuhnya..

Saat ditanya penyebab menurunnya jumlah darah di PMI Pacitan,  dr. Errisa Maisuritadevi M., Sp.PK.,M.Sc., “Selama COVID-19 mobil unit PMI tidak beroperasi maka kami hanya menunggu sukarelawan yang datang  ke Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kabupaten Pacitan untuk medonorkan darahnya”.

Di akhir statmennya, dr. Errisa Maisuritadevi M., Sp.PK.,M.Sc. juga mengimbau kepada masyarakat yang ingin donor darah disilahkan untuk datang ke kantor UTD PMI Kabupaten Pacitan di Jalan H. Samanhudi No.34, Palihan, Pucangsewu  Kecamatan Pacitan.

“Mengingat saat ini stok darah semakin menipis maka kepada seluruh masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya silahkan datang ke UTD PMI Kabupaten Pacitan, kami siap menerima dan melayani dengan senang hati.”  pungkasnya.

undefined

SP