Sukses Sebagai Novelis dan Penulis Skenario, Yulia Angg Tetap Setia Jadi Guru Tidak Tetap

Halo Berita 31 Okt 2019, By Rahmat DS
Sukses Sebagai Novelis dan Penulis Skenario, Yulia Angg Tetap Setia Jadi Guru Tidak Tetap (Halopacitan/Rahmat DS)

Yulia Ang adalah seorang penulis novel dan skenario sinetron di beberapa stasiun TV. Banyak yang tidak tahu perempuan itu memiliki nama asli Angga Yulianita. Tidak semua tahu juga Ibu dari Yumna (4) tersebut adalah sosok kelahiran Pacitan.

Ibu muda yang pernah mengenyam pendidikan Bahasa Inggris dan  alumni SMAN 1 Pacitan tersebut mulai melejit sejak novelnya berjudul Melinda yang mendapatkan juara II lomba menulis novel genre bebas yang diadakan salah satu penerbit di Bandung.

Sejak saat itulah Yulia mendapatkan banyak tawaran untuk menulis beberapa skenario sinetron di antaranya FTV MNC TV-Kuasa Ilahi, Penjual Kue Basah Serakah (2017), Sinetron Ramadhan SCTV-Tiada Hari yang Tak Indah (2018), dan Sinetron di RCTI-Cahaya Terindah, yang masih tayang sampai sekarang. Dia juga menajdi ghost writer di beberapa program unggulan di ANTV.

Istri dari Ruswanto, salah satu karyawan PKPRI Pacitan tersebut menuturkan kariernya sangat didukung oleh sang suami. “Suami sangat mendukung karier saya dengan begitu saya mudah membagi waktu antara menulis, kerjaan di sekolah dan juga untuk keluarga” tutur Yulia pada kontributor halopacitan(29/10/2019).

Pribadi yang menyenangkan dan hangat dari seorang Yulia membawa dampak luar biasa dalam sukses menulisnya. Guru Tidak Tetap di SDN Menadi Pacitan tersebut mengaku bahwa akan tetap menekuni sebagai guru.

“Saya tidak peduli gaji saya GTT yang penting saya bisa mengimplementasikan ilmu saya saat kuliah dulu untuk ikut mencerdaskan anak-anak di Pacitan. Yang saya cari persaudaraan bukan semata finansial. Sebelum menulis, saya sudah menjadi GTT sejak tahun 2009. SD Menadi Pacitan adalah keluarga kedua saya dan di sini saya menemukan orang-orang hebat yang selalu mensupport saya termasuk siswa-siswa yang penuh inspirasi”, tutur penulis novel Fated Love, Melinda The Untold Story dan Breathless tersebut pada Halopacitan.

“Saya mecintai pekerjaan saya dengan sepenuh hati walaupun terkadang saya harus dikejar-kejar untuk segera menyelesaikan naskah,” lanjutnya.

Ia mengaku pernah dimarahi oleh produser karena membuat artis-artis papan atas menunggu skenario. “Kadang saya berpikir, siapa saya sampai ditunggu artis-artis yang menjadi idola anak-anak muda di Indonesia" tutur penyuka tulisan J.K. Rowling dan Akiyoshi Rikako.

“Ya, inilah hidup yang harus kita jalani. Semua saya lakukan semata mengabdi pada Tuhan dan memberikan sedikit makna bagi orang lain,” ucap Yulia.

undefined

AZ