Teleng Ria Resort, Terima Sertifikat Prasimulasi Pembukaan Objek Wisata

Halo Berita 11 Jul 2020, By Rahmat DS
Teleng Ria Resort, Terima Sertifikat Prasimulasi Pembukaan Objek Wisata (halopacitan/istimewa)

Setelah Beiji Park, hari ini, Sabtu (11/07/2020) Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Pacitan, menyerahkan sertifikat prasimulasi Teleng Ria Resort. Di tengah angka COVID-19 masih terus naik di Pacitan, Pemerintah Daerah tetap berupaya memberikan kesempatan objek wisata untuk buka, dengan syarat dan ketentuan.

 

Kondisi yang sangat dilematis, antara COVID-19 dan meyelamatkan perekonomian. Kendati angka COVID-19 di Pacitan dari hari ke hari petanya sangat fantastis (Red: 39 orang positif COVID confirm) program Wisata Tangguh Semeru tetap berjalan. Kali ini giliran Teleng Ria Resort.

 

Hal ini tentu tidak mudah dan menjadi sebuah ikhtiar mengembalikan kejayaan pariwisata Pacitan saat pandemi COVID-19 masih terus massif penyebarannya. Segala aturan diterapkan dan disyarakatkan untuk prasimulasi objek wisata karena ada ribuan warga yang menggantungkan diri terhadap industri pariwisata termasuk pelaku UMKM jelas berharap destinasi cepat-cepat dibuka seperti sedia kala.

 

Tahap Prasimulasi harus menjadi pijakan penting untuk menyempurnakan SDM para pelaku wisata. Dilansir dari laman pembkab Pacitan, penyerahan sertifikat semata hanya sebatas pengakuan di atas kertas, selebihnya T Andi Faliandra, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pacitan  menekankan komitmen yang sesungguhnya dari para pelaku, termasuk memahami secara utuh protokol kesehatan di bidang pariwisata. “Sertifikat tidak menjadi target, namun bagaimana mereka konsisten dan benar-benar riil memenuhi syarat,” tegasnya.

 

Pada kesempatan tersebut Bupati Pacitan, Indartato, dalam pidatonya (11/07/2020) meminta semua pihak terkait untuk memaksimalkan tiga pilar pendukung pariwisata. Mulai Prasimulasi, Simulasi dan tahapan Evaluasi yang dipelopori Disparpora Pacitan. “Jika semua tidak ada masalah , teruskan,” pungkas Bupati Pacitan, yang sekaligus sebagai Ketua Gugus Percepatan Penanganan COVID-19.

undefined

SP