Tips Anak Kembali ke Sekolah dengan Lebih Bersemangat

Halo Pendidikan 2 Jan 2020, By Rahmat DS
Tips Anak Kembali ke Sekolah dengan Lebih Bersemangat (halopacitan/istimewa)

Liburan semester gasal dan pergantian tahun telah usai. Hari ini, Kamis, 2 Januari 2020 anak-anak harus kembali ke sekolah, dengan rutinitas bahkan hampir seharian di sekolah, untuk program fullday school. Sebagian anak memang tampak ogah-ogahan untuk bersiap ke sekolah karena liburan yang begitu berkesan sehingga ingin selalu diulang.

 Jika itu yang terjadi, orangtua perlu melakukan beberapa trik untuk membuat anak kembali bersemangat untuk sekolah. Sebenarnya, tidak perlu hal-hal yang rumit dan terlalu berlebihan. Ibu dan ayah harus terus memotivasi anak untuk terus semangat sekolah setelah libur kurang lebih 10 hari.

Saat pagi datang di hari pertama masuk sekolah biasanya menjadi hal yang paling membuat tidak nyaman, apalagi selepas liburan. Beberapa tips yang bisa dilakukan ayah dan bunda diantaranya sebagai berikut.

  1. Ajarkan anak tidur tepat waktu

Waktu istirahat yang cukup akan membuat tubuh lebih bugar. Hal tersebut perlu ditanamkan kepada anak-anak sehingga anak-anak terbiasa dengan pola hidup sehat dengan tidur cukup atau tidak terlalu malam.Waktu tidur anak-anak adalah 9 sampai dengan 12 jam sehari.

  1. Memutar musik atau lagu yang disukai anak di pagi hari

Bangun di pagi hari seringkali menjadi kendala. Sebagian anak sangat sulit dibangunkan di pagi hari. Oleh karena itu, orang tua harus cerdik dan jitu dalam menangani hal tersebut. Bukan dengan membentak atau memarahai anak tetapi dengan sapaan yang halus sambil mengusap muka anak, atau bisa dengan memutarkan lagu yang mereka senangi, Anak akan bersuka cita menyambut harinya, bahkan tidak jarang diantara mereka langsung berdendang.

  1. Siapkan menu makan pagi dan bekal kesukaan anak dengan tetap mempertimbangkan nilai gizi. Dilansir dari www.alodokter.com, sarapan dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit, lebih fokus, membantu menurunkan berat badan, meningkatkan mood, memberi nutrisi yang dibutuhkan tubuh
  2. Mengubah penampilan

Sebelum kembali ke sekolah, ajaklah anak untuk memotong rambutnya atau memasker rambutnya sehingga sehat dan indah. Tidak hanya penampilan rambut, hal yang juga dapat mendorong semangat kembali ke sekolah adalah dengan mengubah posisi tempat tidur, meja belajar, lemari dan lain-lain di dalam kamar.  Mengganti warna cat dan mungkin ditambah dengan pernak-pernik yang dibuat sendiri sehingga anak akan lebih semangat menyambut hari masuk sekolah.

  1. Ajak mereka mempersiapkan peralatan sekolahnya, bila ada yang sudah tidak layak ajak anak untuk membelinya.
  2. Antarkan Sampai ke Sekolah

Tak ada salahnya untuk mengantarkan anak sampai ke sekolah di hari pertamanya. Nah, untuk memompa semangat anak, pastikan orangtua yang ikut mengantar juga menularkan semangat. Jadi, selama perjalanan, cobalah untuk bercerita atau membicarakan hal-hal yang menyenangkan dengan Si Kecil.

“Energi positif yang senantiasa dialirkan untuk anak-anak pasti akan memberikan efek luar biasa. Kata-kata yang baik untuk anak-anak selain bermanfaat untuk memberi contoh juga berpengaruh dalam pembentukan karakter anak. Hal tersebut tidak cukup dilakukan satu atau dua hari tetapi harus secara rutin dilakukan orang tua. Mulai aktivitas mencuci beras, memasak sayur, lauk, dan bekal yang mereka bawa ke sekolah aliri doa-doa sehingga akan mengokohkan karakter anak-anak. Anak-anak pun akan mempunyai kesadaran yang tinggi untuk ke sekolah bila orang tua terus memberikan pendampingan dan meyakinkan bahwa sekolah itu menyenangkan”, tutur Dr. Sri Pamugkas, salah satu pakar pendidikan Pacitan, saat ditemui secara terpisah oleh halopacitan (1/1/2020).

undefined

SP