Tips Atasi Suhu Kemarau di Malam Hari

Halo Sehat 29 Nov 2019, By Deny Aprilia
Tips Atasi Suhu Kemarau di Malam Hari (halopacitan/istimewa)

Awal November lalu, Pacitan sempat bersuka dengan turunnya hujan, mengingat kemarau sudah membuat beberapa wilayah di Pacitan merasakan kekeringan. Namun hal tersebut ternyata tak berselang lama. Hujan yang turun di awal November tersebut tidak memiliki intensitas yang rutin. Bahkan Pacitan kembali kering hingga November akhir ini.

Pada kasus kemarau tahun ini, setelah kekeringan yang masih melanda Pacitan, peningkatan suhu udara menambah daftar hal yang harus diperhatikan oleh masyarakat Pacitan. Prakiraan cuaca dalam laman bmkg.go.id hingga akhir pekan nanti, cuaca di Pacitan masih breada pada kategori cerah dan cerah berawan. Pada siang hari suhu dapat mencapai 31°C dan pada malam hari masih berada pada suhu 24°C hingga 25°C.

Keadaan suhu tersebut hampir merata di wilayah Pacitan. Seperti yang diungkapkan Sujarno (50) bahwa “akhir-akhir ini lebih sering tidur di lantai dari pada di kasur, karena biarpun malam, rasanya masih sama saja panas dan membuat gerah” ungkap warga Dusun Gupit yang daerah tempat tinggalnya bisa dikategorikan pegunungan.

Hal yang hampir sama juga diungkapkan oleh Laela Anggraeni (22) “setiap malam kalau tidur harus on kipas angin sampai pagi, kalau tidak begitu maka tidak bisa tidur, karena panas” ungkap salah satu warga Kembang Sirnoboyo tersebut.

Kondisi udara yang demikian memang menyumbang permasalahan tentang ketidaknyamanan untuk tidur sekalipun di malam hari. Saat tidur kita membutuhkan suasana yang nyaman, namun dengan adanya peningkatan suhu, gerah yang dirasakan membuat istirahat di malam hari tidak nyaman.

Seperti yang dilansir dari hellosehat.com terdapat beberapa tips untuk mengatasi menurunkan suhu kamar agar lebih nyaman untuk tertidur. Beberapa diantaranya adalah dengan,

  1. Membiasakan rutinitas sebelum tidur, seperti mandi dengan air suam-suam kuku atau dingin agar suhu tubuh berkurang. Mencuci wajah dan lengan lalu keringkan dengan handuk. Merendamkan kaki di baskom berisi air dingin selama 10 menit sebelum tidur. Menempelkan kain yang sudah dibasahi air dingin di kulit ketiak atau selangkangan. Area tersebut lebih cepat membuat suhu tubuh dingin.
  2. Memperbaiki kualitas lingkungan kamar, seperti menambahkan pendingin ruangan. Menutup jendela dengan tirai/gorden dengan wrna dan bahan yang sesuai. Rutin mengganti seprei. Membiarkan angin malam masuk. Hingga mengganti lampu pijar dengan LED, karena lampu pijar mengeluarkan 90% energi dalam panas yang dipancarkan.
undefined

SP