Tips Hidup Di Era New Normal

Halo Sehat 9 Jun 2020, By Rahmat DS
Tips Hidup Di Era New Normal (halopacitan/istimewa)

Pandemi COVID-19 telah menjadi momok masyarakat seluruh dunia . Angka pasien covid confirm kian hari kian bertambah bahkan telah membuat goyah dunia ekonomi, pendidikan, sosial dan lebih akut lagi dunia kesehatan. Era new normal pun hadir dengan segala konsekuensi.

COVID-19 tentu akan menjadi bagian kehidupan. Sampai hari ini obat maupun vaksin COVID-19 belum ditemukan. Mau tidak mau kita harus berdampingan dengan COVID-19. Era New Normal harus dijalankan agar jaminan hidup bagi manusia dapat terpenuhi, namun segala hal berkaitan dengan protokol kesehatan harus tetap dilakukan agar kita terhindar dari virus ekstrim tersebut.

Hal yang harus dipahami, bahwa hadirnya era new normal bukan berarti cerita tentang corona telah usai tetapi ini adalah fase kehidupan yang mau tidak mau harus dijalani. Inilah tips hidup di era new normal.

  1. Selalu gunakan masker saat keluar rumah

Sadar bermasker untuk kebaikan semua. Masker akan melindungi diri kita dan orang lain. Masker akan meminimalkan penularan COVID-19 sehingga diharapkan ketika semua orang sudah sadar memakai masker maka tingkat penularan juga akan bisa ditekan. Namun, ingat masker kain yang digunakan jangan lupa setelah dipakai langsung dicuci

 

  1. Rajin Mencuci Tangan dengan Sabun dan Air Mengalir

Virus ini akan hancur saat bersentuhan dengan detergen. Langkah ini merupakan hal paling efektif untuk mematikan virus yang menempel di tangan. Tujuh langkah cuci tangan dengan durasi selama 20 detik kemudian dibasuh dengan air mengalir, harus dilakukan.

 

  1. Bawa handsanitizer setiap bepergian

Kondisi New Normal membuat kita terpaksa akan lebih sering berada di luar rumah. Kita semua akan kembali bersentuhan dengan apa pun yang ada di sekitar. Pastikan hand sanitizer dengan kandungan 70 persen alkohol selalu ada di kantong ke mana pun berpergian. Gunakan hand sanitinzer setelah beraktivitas atau setelah melakukan hal apa pun.

 

  1. Jaga Kebersihan

Secara berkala bersihkan tempat dengan disinfectan dan bersihkan benda-benda pribadi seperti handphonde, hendel pintu, dan lain-lain secara berkala

Pembersihan tempat yang akan kita sentuh dengan disinfektan harus dilakukan.  Disinfektan yang bisa digunakan mislanya, alkohol berkadar 70 persen yang bisa disemprotkan ke permukaan barang-barang yang sering digunakan atau juga bisa menggunakan disinfektan lain, seperti yang dibuat menggunakan campuran larutan bayclin dan air.

 

  1. Hindari berkumpul di kerumunan

Hindari berkerumun, stay at home, merupakan hal yang paling penting. Hindarilah berkerumun di tempat ramai selama kondisi New Normal. Kita tidak pernah tahu, bahkan akhir-akhir ini banyak OTG (Orang Tanpa Gejala) yang terdiagnosis positif COVID-19.

 

  1. Bawa peralatan pribadi

Apabila kamu pegawai kantoran yang akan menghabiskan waktu di tempat kerja, alangkah baiknya membawa kebutuhan pribadi dari rumah. Sementara ini, jangan menggunakan fasilitas publik yang biasa digunakan banyak orang.

Bawalah alat makan, tempat minum, dan peralatan lain yang kamu butuhkan. Hal ini harus sangat diperhatikan untuk mengurasi risiko terpapar virus.

 

  1. Gunakan Metode Cashless untuk Berbelanja

Metode cashless sangat membantu agar kita terhindar dari virus COVID-19. Uang tunai akan berputarsetiap hari dan kita tidak pernah tahu perputarannya sudah sampai mana dan pernah menempel pada tangan siapa. Hal paling ampuh adalah dengan menggunakan debit (pembayaran nontunai). Jika terpaksa harus menggunakan uang tunai, ingatlah untuk membersihkan tangan Anda dengan sabun atau hand sanitizer setelah menyentuh uang tersebut.

 

  1. Jalani Pola Hidup Sehat

Jasmani kita semua harus sehat sehingga akan meningkatkan imun kita. Menjalani pola hidup sehat di antaranya seperti menjaga pola tidur, konsumsi makanan bergizi, rajin olahraga, hingga hindari stres. Lalu jangan pernah lakukan aktivitas yang membuat tubuh terlalu lelah, karena dengan begitu, tubuh menjadi lebih mudah terpapar penyakit. Bila diperlukan, kita juga bisa menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi suplemen atau vitamin tertentu.

 

undefined

SP