Tradisi Maleman di Tengah Pandemi

SP - Jumat, 22 Mei 2020 06:55 WIB
Tradisi Maleman di Tengah Pendemi undefined

COVID-19 yang telah diumumkan WHO sebagai pandemi tidak mengubah tradisi maleman yang biasa dilakukan oleh masyarakat Pacitan. Bedanya hanya pada kemasan, kalau biasanya shodaqoan dilakukan di masjid atau langgar atau mushola, kini sodaqohan diatar dari rumah ke rumah, untuk berbuka puasa.

Hari ini, Kamis (21/05/2020), merupakan malam 29 Bulan Ramadhan. Sejak masa 10 malam terakhir Bulan Ramadan, budaya maleman telah dilakukan secara bergantian oleh warga setiap malam ganjil, mulai malam 21, 23,25,27 dan 29.

Wahyuni, salah satu warga Pacitan menuturkan pada halopacitan “Keluarga kami melaksanakan maleman hari ini, tepat di malam 29. Selain maleman, kami juga mempunyai niat sekalian khataman Al-Quran. Biasanya di sini jadwal maleman sudah dibuar RT, dan bergilir membawa nasi untuk shodaqohan. Karena ada virus corona ini maleman di mushola tidak ada, jadi kami antar ke para tetangga dan saudara agar bisa dinikmati untuk berbuka puasa.”.

Malam ganjil di 10 hari terakhir Ramadhan menjadi pilihan karena di sepertiga terakhir di bulan Ramadan masyarakat meyakini bahwa di situlah malam lailatul qadar. Di malam lailatul Tuhan akan melipatgandakan amal perbuatan manusia. Malam ini juga biasa disebut malam seribu bulan sehingga masyarakat tidak menyiakan dengan bersedekah.

Maleman sebagai pengingat adanya malam lailatul qadar. Karena bagi siapa saja yang beribadah di malam tersebut nilainya akan lebih baik daripada seribu bulan. Sehingga, dalam sejarahnya, para wali berusaha mengingatkan akan betapa pentingnya malam tersebut melalui budaya yang dikenal dengan maleman. Maleman termasuk dari khazanah nusantara sebagai warisan para wali songo. Maleman juga merupakan sebuah bentuk akulturasi antara Islam dan masyarakat Jawa. Maleman ini adalah pengaplikasian dari hadist nabi yang menyatakan bahwa pada sepuluh hari terakhir diindikasikan sebagai turunya malam lailatul qadar atau malam seribu bulan.

Bagikan

RELATED NEWS