Wajib Tahu! 3 Tren Bisnis Tahun 2021 Yang Harus Dicermati Pelaku UMKM

SP - Selasa, 26 Januari 2021 02:42 WIB
Warga mengakses salah satu platform e-commerce untuk berbelanja secara daring melalui gawai dalam rangka Hari Belanja Online Nasional atau ‘Harbolnas 11.11’ di Tangerang, Banten, Rabu, 11 November 2020. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia undefined

Pandemi COVID-19 yang melanda dunia telah berdampak pada semua aspek sector termasuk dunia usaha dan tampaknya berlanjut di Tahun 2021. Pelaku bisnis harus bisa beradaptasi dan cermat mengikuti tren yang terjadi ditengah pandemi COVID 19 ini termasuk pelaku UMKM. Seperti dilansir dari Trenasia.com Senin (25/1/2021), McKinsey dalam riset terbarunya menekankan bahwa tahun ini menjadi tahun peralihan di mana masyarakat akan mulai membentuk masa depan mereka.

Country Manager Zilingo Indonesia Patrick Vaz menanggapi hasil riset McKinsey mengatakan pelaku usaha harus mengetahui tren terbaru di pasar. Hal ini penting untuk memetakan peluang usaha dan mempertahankan bisnis di tengah pandemi.

“Pelaku usaha perlu menyesuaikan dirinya dengan perkembangan pasar untuk mengidentifikasi cara terbaik guna mempermudah serta memperkuat proses bisnisnya. Dengan begitu, Anda dapat mulai membangun kredibilitas dan nilai tambah bagi bisnis Anda serta memahami proyeksi lanskap industri bagi usaha Anda di masa depan,” kata Patrick.

Dia membagikan tiga tren bisnis tahun 2021 yang dapat dijadikan sebagai acuan pelaku UMKM dalam merencanakan masa depan dan menciptakan kesempatan baru sebagai berikut.

Pertama adala identifikasi perubahan pola belanja baru konsumen sedini mungkin merupakan langkah krusial dalam mencapai kesuksesan di tahun baru.

Hal ini akan menyediakan sebuah roadmap untuk menyelaraskan bisnis dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan yang terus berubah.

Adapun menurut perusahaan konsultan IT Accenture, konsumen di seluruh dunia merasa lebih terhubung satu sama lain. Hal ini karena situasi pandemi menyebabkan adanya peningkatan conscious buying dan keinginan masyarakat untuk membeli lebih banyak produk lokal.

“Oleh karena itu, pelaku UMKM perlu fokus untuk memperkuat daya tarik lokal serta menekankan peran positif usaha di dalam masyarakat agar produk serta penawaran lainnya dapat lebih menonjol di pasar,” kata Patrick.

Yang kedua adalah mengetahui bahwa dimasa depan bekerja secara jarak jauh (remote). Jumlah pekerja jarak jauh (remote) di seluruh dunia meningkat tajam pada 2020. Selain itu, bekerja dari rumah juga telah menjadi cara baru dalam melakukan sebuah pekerjaan di masa mendatang.

Artinya pelaku usaha mungkin perlu berinvestasi dalam teknologi tambahan dan solusi perangkat lunak untuk memastikan karyawan dapat bekerja dengan nyaman tanpa harus ke kantor.

Di sisi lain, saat ini hampir 60% bisnis berukuran kecil mengira bahwa mereka luput dari sasaran serangan siber. Maka, tahun 2021 seharusnya pelaku UMKM mulai memperkuat keamanan siber mereka.

“Setiap bisnis akan selalu menjadi sasaran para peretas karena Anda memiliki akses ke uang dan data. Ini merupakan dua hal utama yang diinginkan peretas terlepas dari banyak atau sedikitnya uang atau data yang Anda miliki,” kata Patrick

Yang ketiga yang harus dicermati adalah Kemajuan Platform E-Commerce. Menurut survei United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD), pandemi telah mendorong tren pertumbuhan platform e-commerce.

Hal ini terlihat dari perubahan dalam komposisi penjualan melalui platform digital mencapai lebih dari 65% total penjualan. Survei tersebut menegaskan bahwa lebih banyak konsumen yang mengakses platform online untuk mencari produk penting seperti bahan makanan, produk farmasi, produk kesehatan dan kebersihan, pengiriman restoran, dan layanan keuangan.

Dengan begitu, beralih ke dunia digital tidak hanya menjadi sebuah gagasan yang bagus, melainkan juga sebuah proses penting dalam perkembangan setiap bisnis.

“Pelaku UMKM harus menyadari bahwa platform e-commerce dapat menjadi alternatif saluran lain yang dapat dimanfaatkan untuk mendiversifikasi produk Anda,” jelas Patrick

Bagikan

RELATED NEWS