Yuk Intip Layanan iPusnas dan Indonesia One Search (IOS) dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI

Rahmat Deny - Kamis, 16 September 2021 09:51 WIB
Ilustrasi: Aplikasi iPusnas dari Perpustakaan Nasional (sumber: google playstore)

Merespon perkembangan jaman dimana digitalisasi sudah menjadi kebutuhan dan situasi pandemi COVID 19 yang membatasi masyarakat untuk berkunjung ke perpustakaan secara langsung, maka Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI meluncurkan aplikasi perpustakaan digital iPusnas dan Indonesia One Search (IOS). 

 

Untuk mendukung usaha tersebut, Perpusnas mengadakan sosialisasi iPusnas dan Indonesia One Search (IOS). Sejalan dalam rangka memeriahkan Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca tahun 2021, acara tersebut dilaksanakan secara virtual pada (15/09) lalu.

 

Dilansir dari laman Perpusnas Rabu (15/9/2021), Layanan iPusnas dan IOS dari Perpusnas ini dapat diakses secara gratis. iPusnas merupakan perpustakaan digital nasional yang memiliki koleksi 73.302 judul buku dan salinan koleksi sebanyak 891.397 salinan ebook yang dapat diunduh dan diinstal di laman Playstore, AppStore untuk smartphone/tablet atau web ipusnas.id untuk komputer.

 

Resti Laras Gilang P sebagai salah satu narasumber pada acara tersebut menjelaskan untuk menggunakan aplikasi iPusnas, pengguna harus mendaftarkan diri terlebih dahulu menggunakan akun email atau akun Facebook yang masih aktif.

 

Detail ebook yang ada pada aplikasi iPusnas berisi judul buku, pengarang buku, ISBN, penerbit, tanggal terbit, rating buku, sinopsis, Want List (List yang menginginkan buku tersebut), is Read (yang sedang membaca buku tersebut), has Read (yang selesai membaca buku tersebut) dan review buku.

 

Resti menerangkan setelah aplikasi diinstal, cara meminjam ebook di iPusnas cukup mudah, yaitu:

  1. Silahkan login,
  2. pengguna cukup mencari buku yang dicari,
  3. klik “pinjam” dan tunggu hingga terunduh 100% dan buku siap dibaca.

 

“Ada sistem antrian dimana koleksi ebook sudah terpakai salinannya, sudah dipinjam semua. Jika ingin pinjam, maka akan masuk ke wishlist sembari menunggu buku yang selesai dipinjam,” terang Resti

 

Tidak hanya aplikasi iPusnas, masyarakat juga dimanjakan dengan fasilitas IOS. Apakah IOS itu?

 

“IOS adalah pintu pencarian tunggal untuk semua koleksi publik dari perpustakaan, museum, arsip, dan sumber elektronik di Indonesia dengan jumlah 9.845.165 unik entri,” jelas Yanissa Zahra yang juga narasumber pada acara tersebut.

 

Koleksi tersebut dikumpulkan dengan metode harvesting atau memanen otomatis dari respositori milik organisasi mitra dari berbagai sektor. Mengambil informasi dari indonesiaonesearch.id, mitra tersebut antara lain lembaga sejumlah 2.344, perpustakaan sejumlah 3.136 dan repository sejumlah 9.174.

 

Bagaimana cara memanfaatkan IOS?

 

“Pengguna cukup membuka laman onesearch.id di mesin pencari atau buka laman perpusnas.go.id kemudian pilih IOS. Kemudian ketik kata kunci dari koleksi yang ingin dicari. Untuk mempermudah, persempit pencarian sesuai jenis koleksi yang dibutuhkan (pilih pada bagian format),” terang Yanissa

 

Yang perlu dicatat adalah tidak semua hasil pencarian di IOS berbentuk digital, banyak juga yang hanya katalognya saja. Hal ini tergantung pada mitra yang menyebarkan koleksi publik mereka.

 

Jadi, tunggu apa lagi? Mari manfaatkan layanan digital iPusnas dan IOS sekarang juga!

RELATED NEWS