5 Kebiasaan Pagi Hari yang Bikin Lebih Sehat dan Panjang Umur

Selasa, 10 September 2024 22:41 WIB

Penulis:Redaksi Daerah

Editor:Redaksi Daerah

5 Hal yang Harus Dilakukan di Pagi Hari Agar Lebih Sehat dan Panjang Umur
5 Hal yang Harus Dilakukan di Pagi Hari Agar Lebih Sehat dan Panjang Umur (Freepik.com)

JAKARTA - Suasana di pagi hari menentukan suasana di hari tersebut sepenuhnya. Kebiasaan yang kita lakukan selama pagi hari akan berdampak signifikan pada kesehatan dan umur panjang Anda.

Meski ada banyak cara untuk memulai hari, berfokus pada praktik yang meningkatkan kesejahteraan fisik, mental, dan emosional dapat membuat perbedaan besar. Oleh karena itu, Anda bisa melakukan beberapa kebiasaan di pagi hari yang dapat berkontribusi pada umur panjang dan sehat berikut ini, seperti yang telah dirangkum dari Times of India.

Kebiasaan di Pagi Hari yang Bikin Sehat dan Panjang Umur

1. Mulai Hari dengan Meditasi

Meditasi yang penuh kesadaran adalah praktik yang melibatkan pemusatan perhatian pada saat ini yang dapat mengurangi stres dan kecemasan. 

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Psychiatry Research: Neuroimaging menyebutkan bahwa meditasi mampu meningkatkan materi abu-abu di otak yang terkait dengan peningkatan daya ingat, pembelajaran, dan pengaturan emosi.

Oleh karena itu, memulai pagi hari dengan meditasi selama 10-15 menit mampu menciptakan suasana yang tenang dan fokus sepanjang hari, dan membantu Anda mengelola stres dengan lebih efektif dan meningkatkan kesehatan mental jangka panjang.

2. Minum Air Hangat dengan Lemon

Hidrasi adalah hal yang sangat penting dilakukan setelah tidur malam, dan memulai hari dengan air hangat dan lemon dapat memberikan beberapa manfaat. Air lemon kaya akan vitamin C yang mendukung sistem kekebalan tubuh, dan air hangat membantu memulai sistem metabolisme Anda.

Kebiasaan sederhana ini juga dapat membantu pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta meningkatkan kesehatan kulit yang berkontribusi pada kesejahteraan secara keseluruhan.

3. Aktif Secara Fisik

Aktivitas fisik di pagi hari adalah cara tepat untuk meningkatkan kadar energi sekaligus menjaga berat badan yang sehat. Sebuah penelitian dalam British Journal of Sports Medicine menemukan bahwa olahraga pagi meningkatkan fungsi kognitif dan kemampuan mengambil keputusan sepanjang hari.

AKtivitas fisik tersebut bisa jadi berupa jalan cepat, yoga, atau sesi olahraga singkat, menggerakkan tubuh di pagi hari dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular, mengurangi risiko penyakit kronis, dan memperpanjang umur.

4. Mengonsumsi Sarapan Kaya Nutrisi

Sarapan sering disebut sebagai waktu makan terpenting dalam sehari. Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi sarapan yang seimbang dan kaya nutrisi untuk menyediakan energi dan vitamin penting yang dibutuhkan untuk memulai hari dengan baik.

Konsumsi makanan yang tinggi serat, lemak sehat, dan protein seperti oatmeal, kacang-kacangan, buah-buahan, dan telur dapat mengisi bahan bakar tubuh dan otak Anda.

5. Bersyukur

Memupuk rasa syukur di pagi hari dapat memengaruhi kesehatan mental dan kesejahteraan secara keseluruhan. Studi dari Journal of Positive Psychology menunjukkan bahwa mempraktikkan rasa syukur secara teratur dapat meningkatkan tingkat kebahagiaan, memperbaiki hubungan, dan meningkatkan rasa kepuasan hidup.

Oleh karena itu, mulailah hari Anda dengan merenungkan beberapa hal yang Anda syukuri, yang dapat mengubah pola pikir Anda ke arah yang positif dan mengurangi tingkat stres yang berkontribusi pada hidup yang lebih sehat dan umur yang lebih panjang.

Itu tadi beberapa hal yang harus dilakukan di pagi hari agar Anda lebih sehat dan meraih umur panjang. Selamat mencoba!

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 10 Sep 2024