Baru Lulus dan Masih Cari Kerja? Begini Cara Memenuhi Kebutuhan Anda

Sabtu, 05 Maret 2022 14:13 WIB

Penulis:Amirudin Zuhri

Baru Lulus dan Masih Jadi Pengangguran? Ini Cara Memenuhi Kebutuhan Anda
Baru Lulus dan Masih Jadi Pengangguran? Ini Cara Memenuhi Kebutuhan Anda (Freepik.com/Drobotdean)

JAKARTA- Lulus dari sebuah perguruan tinggi memang menyenangkan, apalagi setelah mengerjakan skripsi atau tugas akhir yang sulit dan melelahkan. Akan tetapi, lulus dari perguruan tinggi atau lulus kuliah tanpa memiliki pekerjaan juga menjadi masalah bagi banyak orang. 

Oleh karena itu, Anda perlu menerapkan beberapa tips berikut sehingga kebutuhan Anda tetap terpenuhi meski baru saja lulus kuliah dan masih jadi pengangguran.

Cari Tempat Tinggal Gratis

Tempat tinggal merupakan salah satu kebutuhan primer atau pokok yang perlu Anda penuhi. Akan tetapi, kebutuhan pokok seperti tempat tinggal, makan dan minum justru dapat menguras tabungan Anda. Untuk menghemat pengeluaran, Anda bisa tetap tinggal di rumah saudara atau rumah orang tua Anda secara gratis. Sementara itu, tetapkan target tanggal kapan Anda harus mendapatkan pekerjaan sehingga Anda tidak merepotkan pemilik rumah. 

Meskipun cara ini tampaknya akan membuat Anda seperti sedang mendapatkan kegagalan, hal ini justru dapat menghemat uang Anda. Memiliki tempat tinggal gratis akan memberi Anda lebih banyak pilihan dan peluang pekerjaan, baik itu magang dengan gaji rendah untuk menambah portofolio atau pengalaman kerja Anda atau pekerjaan permanen lainnya yang dapat memberikan benefit yang lebih besar. 

Cari Penghasilan Tambahan

Jika Anda tidak segera menemukan pekerjaan tapi membutuhkan uang dengan cepat, coba gabungkan pekerjaan paruh waktu dengan mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa mencoba berbagai pekerjaan sampingan atau memulai bisnis Anda sendiri, contohnya seperti dropship yang tidak memerlukan modal. Anda bisa mencoba membuka les private online, menjadi babysitter, menjaga anjing orang lain yang membutuhkan, atau menjual pakaian bekas.

Buat Anggaran Pengeluaran

Saat pertama kali keluar dari perguruan tinggi, penting untuk memperhatikan kebiasaan pengeluaran Anda, dan cara terbaik untuk melakukannya adalah melalui anggaran. Ada beberapa strategi penganggaran yang perlu Anda lakukan, seperti aturan 50/30/20. 

Dengan mempelajari kebiasaan pengeluaran Anda, Anda dapat mengidentifikasi beberapa pengeluaran yang harus dihilangkan, seperti langganan yang jarang digunakan seperti platform streaming online yang mungkin tidak berkontribusi pada pekerjaan saat ini atau pekerjaan yang ingin Anda dapatkan.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 05 Mar 2022