Bebagai Makanan Ini Bisa Redakan Keluhan Asam Lambung

Senin, 13 Desember 2021 10:58 WIB

Penulis:Amirudin Zuhri

Editor:Amirudin Zuhri

Pisang
Pisang (hellosehat)

PACITAN-Mengeluhkan asam lambung naik atau tinggi kini hampir diucapkan banyak orang ya. Tidak lagi memandang usia, anak-anak pun ada yang mengeluhkan hal serupa. Padahal, untuk mengantisipasi kadar asam lambung meninggi yang bisa berdampak pada beberapa komplikasi, seperti tukak lambung, refluks asam, serta penyakit refluks gastroesofageal (GERD) salah satu yang direkomendasikan untuk dikomsumsi adalah buah pisang.

Pisang tentunya sangat mudah dan terjangkau harganya kita dapatkan. Namun, selain pisang berikut ini juga direkomendasikan untuk dikonsumsi seperti dikutip dari laman tempo.co.

1. Oatmeal

Asisten profesor kedokteran klinis di gastroenterologi di Lewis Katz School of Medicine di Temple University, Neena Mohan mengatakan bahwa makanan yang tinggi serat dapat membantu tubuh merasa kenyang. Selain oatmeal yang dapat menyerap asam lambung, makanan lainnya yang juga tinggi serat ialah grain roti,  beras merah dan quinoa, beragam sayuran seperti wortel, ubi jalar dan bit, serta asparagus, brokoli, dan kubis Brussel.

 Tingkatkan Kinerja Ekonomi 2022, BNI Dukung Ekspansi Kredit

2.Salad hijau

Sayur dan buah dalam salad hijau, seperti seledri, mentimun dan semangka yang mengandung air dapat membantu mengencerkan asam lambung.

3. Yoghurt

Spesialis gastroenterologi di Los Angeles yang berafiliasi dengan Cedars- Puskesmas Sinai, Nipaporn Pichetshote, M. D. Mengatakan susu dan yogurt dapat melapisi kerongkongan sehingga asam yang mengiritasi lapisan kerongkongan tidak lagi dirasakan.

4. Teh jahe

Jahe dapat meredakan mual dan berguna bagi orang yang rawan muntah saat refluks asam terjadi. Minuman teh jahu dapat menangkan perut dan membantu meredakan iritasi gastroesofagus.

Melansir dari www.healthline.com 28% orang dewasa Amerika Utara mengalami GERD yang menyebabkan mulas. Ini terjadi saat asam didorong naik dari perut kembali ke kerongkongan. Ada beragam gaya hidup yang bisa membantu mengurangi gejala untuk mengobati refluks asam dan mulas, selain dengan obat yang biasa orang konsumsi. Berikut beberapa cara alami mengurangi refluks asam dan mulas ialah:

1. Mengunyah permen karet untuk menurunkan keasaman pada keringkongan.

2. Tidur miring ke kiri membantu menurunkan paparan asam dalam esofagus mencapai 71%.

3. Meninggikan kepala tempat tidur bisa mengurangi gejala refluks asam.

4. Makan malam lebih awal serta makan dalam porsi yang lebih sedikit, namun lebih sering.

5. Pilih bawang yang dimasak daripada mentah, sebab bawang mentah dapat memicu refluks asam dan mulas

6. Pertahankan berat badan sedang dengan diet rendah karbohidrat, sebab penelitian menunjukkan bahwa lemak berlebih di perut dikaitkan dengan risiko refluks asam dan GERD yang lebih tinggi.

7. Jangan minum alkohol, kopi, minuman berkarbonasi, serta jus jeruk terlalu banyak. Apabila perlu juga sebaiknya menghindari mint baik itu berupa makanan, permen, permen karet, obat kumur, dan pasta gigi.

8. Batasi makanan berlemak tinggi karena dapat menyebabkan mulas.(*)

 

Tulisan ini telah tayang di wongkito.co oleh Nertina pada 12 Dec 2021