Hati-hati! Begini Cara Menghindari Scam Video Call

Rabu, 11 September 2024 16:24 WIB

Penulis:Redaksi Daerah

Editor:Redaksi Daerah

Waspada! Ini Cara Terhindar dari Scam Video Call
Waspada! Ini Cara Terhindar dari Scam Video Call (Freepik.com)

JAKARTA - Panggilan video atau video call adalah fitur yang sekarang disukai oleh banyak pengguna aplikasi perpesanan. Hal ini karena video call membuat Anda terhubung lebih dekat dengan orang terdekat.

Tidak hanya itu, video call juga memungkinkan pengguna untuk berbicara dengan orang-orang tanpa merasakan jauhnya jarak yang ada. Namun ternyata, video call juga digunakan oleh scammers untuk menipu orang-orang-orang.

Penipuan Melalui Video Call

Penipuan panggilan video atau video call telah ada selama beberapa waktu. Dalam jenis penipuan ini, korban ditargetkan oleh penipu melalui panggilan video pada aplikasi seperti WhatsApp yang mendukung fungsi tersebut.

Ada beberapa jenis penipuan video call seperti penipuan pemerasan, penipuan dengan modus investasi, penipuan dukungan teknis, dan penipuan untuk mengajak menjalin hubungan kekasih.

Tidak hanya itu, pelaku penipuan video call juga bisa menunjukkan tindakan tidak senonoh yang tentunya akan membuat penerima video call jadi kaget.

Setelah itu,pelaku akan memanfaatkan hasil screenshot sebagai alat untuk mengancam korban yang berujung pada tindakan pemerasan.

Cara Menghindari Scam Video Call

Seperti yang dilansir dari postingan akun Instagram Kemenkominfo, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penipuan video call, seperti berikut ini.

  1. Pastikan Anda hanya menerima video call dari nomor yang Anda kenal.
  2. Segera non-aktifkan kamera ponsel jika tidak sengaja menerima panggilan video.
  3. Jika mengganggu, segera blokir nomor tersebut dan adukan ke aduannomor.id.

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terkena penipuan scam video call.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 11 Sep 2024