Hiiii...Ada Pocong di Gua Peden

Minggu, 20 Maret 2022 11:43 WIB

Penulis:Dias Lusiamala

Editor:Amirudin Zuhri

goa-peden-pacitan_169.jpeg
Batu berbentuk pocong di Gua Peden (Halopacitan/Dias Lusiamala)

PACITAN-Tersembunyi di area terpencil, ada sebuah gua di Pacitan yang memiliki pemandangan tak biasa. 

Inilah Gua Peden yang katanya memiliki batu berbentuk pocong.  Goa peden masih asri dan alami belum terjamah oleh wisatawan wisatawan. 

Gua Peden merupakan goa bertipikal horizontal yang terletak di Dusun Seso, Desa Pringkuku, Pacitan. Letak gua ini sangat terpencil. Jika ingin menelusurinya, kemari pengunjung diimbau untuk izin ke warga dan kepala dusun setempat. 

Keadaan gua masih sangat alami, gelap gulita dan tanpa penerangan. Stalagmit dan stalagmit di gua ini masih alami dan belum terjamah wisatawan. Karena belum ada penyewaan senter seperti di Gua Gong, pengunjung wajib mrmbawa senter sendiri. 

Bagian dalam gua/Dias Lusiamala

"Saat orang kemari di depan mulut goa kan ada semacam stalagmit, yang dirusak beberapa warga nah di dekat situ ada stalagmit yang warnanya keputihan dari situlah gua ini terkenal,” kata  Anton Tri pemandu sekaligus warga sekitar.

Semakin ke dalam oksigen yang berada di dalam gua akan semakin berkurang.  Karena itulah wah saat ingin anda mengunjungi gua ini benar-benar disarankan untuk menggunakan warga lokal di sekitar gua untuk menjadi pemandu. Karena belum ada pengelola saat masuk ke gua ini tarifnya masih gratis.