Kecantikan Gratis di Embung Tremas

Rabu, 13 April 2022 13:10 WIB

Penulis:Dias Lusiamala

embung tremas.jpg
Embung Tremas (Halopacitan/Dias Lusiamala)

PACITAN- Diresmikan dua tahun lalu, Embung Tremas yang ada di Dusun Pageran, Desa Arjosari Paitan dibangun untuk tujuan pengairan lahan pertanian. Namun embung ini  juga memiliki pemandangan yang cukup cantik. 

Apalagi waktu pagi hari, yang mana pemandangan bukit-bukit yang mengelilingi embung masih diselimuti  embun pagi dan sunrise tipis-tipis. Di Sore hari juga merupakan waktu yg apik untuk sekedar menikmati keindahannya. Jika beruntung bisa melihat sunset di sini.

Pembangunan embung ini merupakan jenis embung geomembran, yang merupakan kerjasama yayasan Obor Tani dan juga merupakan sumbangan CSR Coca-Cola Foundation. Pada saat dibangun dulu, CSR Coca-cola Foundation telah menyumbang dua embung, yaitu di Kabupaten Pacitan dan Kabupaten Gunungkidul. Letak pembangunan embung geomembran ini melintasi kompleks pondok pesantren Tremas. 

Embung Tremas  digunakan mengaliri lahan lahan sawah warga di sekitar lokasi embung.  selain berfungsi sebagai irigasi Embung termasuk ini ternyata dimanfaatkan juga sebagai Wahana rekreasi bagi warga.

Pemandangan di embung Tremas/Dias Lusiamala

Di bulan puasa ini, masyarakat desa sekitar embung banyak yang berkunjung untuk sekadar refreshing menghirup udara segar ketika habis salat subuh dan sore hari atau yang biasa disebut “ngabuburit”.

"Pemandangan di sini bagus sejuk kemudian ini jadi tempat rekreasi gratis. Ke sini tadi naik motor dan motornya bisa diparkir langsung dekat sini jadi ya buat ngabuburit, oke,” kata Dewi Latifah (24) warga karangrejo yang sedang berkunjung ke embung Selasa (12/04/202)

Dias Lusiamala

Sedangkan Usman Abidin, seorang santri pondok tremas mengatakan bahwa ia sering ke embung ini jalan-jalan bersama-sama teman-temannya untuk refreshing.

Para warga sekitar embung cukup merasa senang dengan adanya pembangunan Embung termas ini. Selain karena mampu menjadi solusi saat kekeringan atau musim kemarau, disisi lain juga Embung ini bisa dimanfaatkan menjadi potensi wisata lokal desa Trermas.