Kunjungan Wisata Naik, Tapi Belum Sesuai Target

Sabtu, 07 Mei 2022 09:23 WIB

Penulis:Dias Lusiamala

teleng.jpg
Gerbang masuk Teleng Ria (Dias Lusiamala)

PACITAN-Tempat wisata di Pacitan mengalami kenaikan wisatawan pada masa Lebaran ini. Meski demikian kenaikan belum sesuai target yang diharapkan.

Pantai Teleng Ria yang berada di  Balong, Sidoharjo menjadi salah satu tempat wisata yang mengalami kenaikan pengunjung.

"Pada hari H Lebaran pengunjung belum terlalu ramai hanya beberapa,karena pada hari H kan masih berkumpul bersama keluarga. Namun dihari kedua lebaran pengunjung itu berangsur-angsur naik bahkan dihari ketiga dan hari ini pengunjung ini sedang ramai ramai nya," kata  Edi Sukamto,  Direktur Parai Resort Beach Teleng Ria Pacitan saat ditemui di Pos Pemantauan Pantai Teleng Ria pada Jumat (6/4/2022).

Dengan harga tiket maasuk Rp15,000/orang dan parkir Rp3,000  sebanyak 3.500 pengunjung per harinya  berwisata di Pantai Teleng Ria Pacitan pada lebaran tahun ini. Dengan harga tiket itu pengunjung juga sudah bisa menikmati waterboom yang ada di kompleks pantai.

Menurut Edi hal ini belum sesuai dengan target  yang dipatok dari pengelola yakni 5.000 pengunjung per harinya.

Walau begitu Edi mengatakan bahwa ini merupakan tren yang baik karena sudah bisa diperbolehkan untuk berlibur dan mudik. 

"Ini merupakan suatu hal yang bagus dibandingkan dengan tahun yang lalu karena seperti diketahui dua tahun lalu itu pandemi Covid melanda sehingga wisata Teleng Ria ini terpaksa harus tutup sesuai dengan anjuran dari pemerintah," imbuhnya

Saat sebelum pandemi wisatawan yang berkunjung di Pantai Teleng Ria bisa mencapai 6.000 pengunjung bahkan lebih. Rata-rata wisatawan yang datang berasal dari luar kota Pacitan. Menurut Edi wisatawan terjauh berasal dari Sumatera dan Kalimantan,  hal ini terlihat dari plat nomor kendaraan pengunjung yang datang.

Pantai Teleng Ria  telah dilengkapi sejumlah fasilitas protokol kesehatan seperti tempat cuci tangan dan cek suhu disetiap titik.  selain itu juga tersedia live guide di sepanjang bibir pantai untuk antisipasi terjadinya kecelakaan pada wisatawan, pihak pengelola bekerjasama dengan BPBD Pacitan. Selain itu pihak pengelola Pantai Teleng Ria juga berkerja sama dengan kurang lebih 200 mitra umkm yang bisa berjualan di dalam area pantai teleng ria.

Edi berharap trend positif ini terus berlanjut walaupun libur lebaran sudah usai. "Harapannya tetap ada pengunjung yang ajek di setiap harinya," imbuhnya.