Lomba Tahfidz Quran Meriahkan Bazar Ramadan

Rabu, 13 April 2022 13:22 WIB

Penulis:Dias Lusiamala

tahfidz.jpg
Lomba tahfidz Quran di Bazar Ramadan PULT (Halopacitan/Dias Lusiamaka)

PACITAN- Serangkaian kegiatan digelar di Bazar Ramadan yang berlokasi di Pusat Layanan Umum Terpadu (PLUT) Pacitan. Salah satunya  lomba tahfidz Quran yang diikuti oleh  anak-anak dari tingkat SD dan MI Kabupaten Pacitan. 

Menurut Indri selaku penanggung jawab acara bazar Ramadan PLUT Pacitan  mengatakan bahwa dengan diadakannya rangkaian acara - acara pendukung seperti salah satunya lomba tahfidz ini,harapannya mampu meningkatkan pengunjung atau orang yang datang ke lokasi bazar Ramadan di PLUT Pacitan. Bazar ramadhan kali ini merupakan tahun ke-7 terselenggara di PLTU Pacitan.

Lomba tahfidz Quran ini disambut baik oleh para pendamping seperti orang tua atau wali peserta yang mengantarkan anak-anaknya untuk mengikuti lomba tahfidz Quran ini.

"Anak saya ikut lomba tahfidz Quran, ikut  kategori yang juz 30 .  Dengan adanya kegiatan seperti ini sangat mendukung sekali untuk anak-anak ya. Harapan ke depannya ada pembatasan - pembatasan kelas dalam kategori yang dipertandingkan." ,Kata Yopi Adi Prasetyanto salah satu orang tua peserta Tahfidz Quran.

Selain itu tujuan daripada diadakan lomba tahfidz Quran dalam rangka bazar Ramadhan di PLUT Pacitan ini adalah agar minat membaca dan menghafal Al-Quran di kalangan anak-anak terus lakukan agar minat baca membaca dilakukan mulai sejak dini. Ada sekitar 20 peserta yang berpartisipasi dalam lomba tahfidz Quran.

Soal yang diberikan kepada peserta sebanyak 2-3 soal, dengan bentuk soal Membacakan satu surat penuh, lalu Melanjutkan 4-8 ayat berikutnya, dan yang terakhir Menebak nama surat. 

"Tadi baca juz 30. Maunya dapat juara 1,” ungkap Anindya Faza Aulia P siswi kelas 1 SD dan peserta tahfidz asal Pacitan.

Indri menambahkan bahwa Pengumuman seluruh rangkaian acara lomba-lomba pada bazar Ramadan akan diumumkan nanti di akhir pada tanggal 25 Ramadan. Harapan kedepannya agar acara bazar ramadhan tetap bisa berlangsung dari tahun ke tahunnya.