Boyband BTS yang sedang mengiklankan kolaborasi dengan McDonald’s lewat McD BTS Meal
Halo Berita

McD BTS Meal Laris, Bungkus Saja Dijual Rp750.000 di E-Commerce

  • Penggemar grup boyband BTS asal Korea, ARMY, membuat kehebohan di dunia nyata dan maya pada Rabu, 9 Juni 2021. Fans K-Pop itu ramai-ramai memesan
Halo Berita
Rahmat Deny

Rahmat Deny

Author

Penggemar grup boyband BTS asal Korea, ARMY, membuat kehebohan di dunia nyata dan maya pada Rabu, 9 Juni 2021. Fans K-Pop itu ramai-ramai memesan makanan siap saji McDonald’s edisi khusus BTS. Bahkan, pesanan McD BTS Meals lewat ojek online membeludak di mana-mana.

 

Sejumlah video yang diunggah pengemudi ojek online viral di media sosial. Area layanan tanpa turun (lantatur) alias drive thru tampak penuh sesak oleh pengemudi ojol.

 

Para driver bahkan harus mengantre hingga lebih dari 3 jam untuk memenuhi pesanan McD BTS Meals itu. Kericuhan di sejumlah gerai McD tak terhindarkan lantaran banyaknya antrean pengemudi ojol. Akibat kerumunan yang terjadi lantaran membeludaknya pesanan McD BTS Meal, setidaknya 32 gerai McD di Jakarta mendapatkan sanksi. 

 

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria seperti dilansir dari Trenasia.com Kamis (10/6/2021) mengatakan pemberian sanksi dilakukan dari teguran tertulis hingga penutupan tempat usaha sementara. Langkah penegakan hukum dilakukan lantaran puluhan gerai McDonald’s terbukti melanggar protokol kesehatan COVID-19.

 

Berdasarkan data dari Pemprov DKI Jakarta per 9 Juni 2021, sebanyak 32 gerai McD diberi sanksi. Perinciannya, 12 gerai diberi sanksi teguran tertulis, 19 gerai di sanksi penutupan 1×24 jam, dan 1 gerai ditutup 3×24 jam. Gerai McD berpeluang terkena sanksi denda hingga Rp50 juta akibat pelanggaran itu.

 

Viralnya McD BTS Meal tampaknya membuka ceruk bisnis baru di toko dalam jaringan (daring) alias e-commerce. Beberapa pedagang di e-commerce Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee, menjual bungkus McD BTS Meal mulai dari Rp50.000 hingga paling mahal Rp750.000 per paket lengkap.

McDonald’s BTS Meal yang diburu ARMY / Tokopedia
McDonald’s BTS Meal yang diburu ARMY / Tokopedia

Harga itu merupakan bungkusnya saja, tanpa makanan dan minuman yang dijual oleh restoran cepat saji itu. Fans fanatik BTS memang memburu bungkus McD BTS Meal sebagai kenang-kenangan.

 

Penggemar BTS melambungkan tanda pagar alias hashtag #ThankYouOJOL sebagai penghargaan untuk para driver ojek online di Twitter. Bahkan, hashtag dukungan bagi ojol yang rela antre berjam-jam demi McD BTS Meal itu menjadi trending topic di Twitter.

 

BTS Meal merupakan hasil kolaborasi BTS dengan McDonalds dan terdiri dari makanan berupa 9 potong nugget McNuggets, dua saus khusus yaitu sweet chili sauce, dan cajun sauce, kentang goreng berukuran medium, dan satu gelas minuman berukuran medium.

 

Di Indonesia, menu ini dibanderol dengan harga Rp50.000 sudah termasuk pajak dan hanya bisa dipesan melalui aplikasi daring milik McDonald’s, Gofood, Grabfood, dan Shopee Food.