Menatap Keindahan dari Sentono Gentong

Minggu, 06 Februari 2022 08:05 WIB

Penulis:Dias Lusiamala

Editor:Amirudin Zuhri

jurang di sentono.jpg
Pemandangan di Puncak Sentono Gentong (Halopacitan/Dias Lusiamala)

PACITAN-Tidak ada habisnya ketika bicara soal keindahan Pacitan. Daerah ini memang kaya dengan bentang alam yang indah.

Satu tempat yang juga wajib untuk dikunjungi adalah Sentono Gentong yang terletak di Desa Krajan, Dadapan, Pringkuku. Tempat wisata ini awalnya hanya dikelola oleh warga sekitar, namun beberapa waktu kebelakang mulai diambil alih pemerintah pacitan.

Jalur menuju puncak Sentono Gentong/Dias Lusiamala

Medan di Sentono Gentong didominasi oleh batu-batu karang besar. Masyarakat pacitan dan warga sekitar menyakini bahwa tempat ini memiliki nilai sejarah pada masanya. Keyakinan itu yang membuat tempat ini jadi tempat khusus untuk bertapa. 

Tempat bersantai menikmati keindahan alam/Dias Lusiamala

Di beberapa literatur ada yang menyebutkan bahwa kawasan pacitan menjadi salah satu sistus sejarah masuknya agama islam.  Kini lokasi Sentono Gentong difokuskan untuk tempat wisata alam. Asal usul nama Sentono Gentong berasal dari kebiasaan saudagar yang singgah ke lokasi ini dengan membawa gentong untuk wadah bekal air untuk minum. 

Teluk Pacitan terlihat  dari atas Sentono Gentong/Dias Lusiamala

Berada di ketinggian sekitar 200 mdpl, Sentono Gentong menyuguhkan pemandangan alam yang indah nan cantik. Pemandangan Teluk Pacitan dan pusat kota pacitan langsung terlihat jelas. 

Tetap hati-hati/Dias Lusiamala

Begitu pula pegunungan di timur Kota Pacitan, nampak jelas begitu indah dipandang mata. Ada banyak gazebo yang dibangun, untuk duduk bersantai sambil menikmati pemandangan alam. Pedagang makanan pun ada dibeberapa titik dekat gazebo.

Jalur bertangga/Dias Lusiamala

Dibangun pagar pembatas di tepian sentono gentong, hal ini untuk bentuk pengamanan agar pengunjung tidak melintas melebihi pagar pembatas. Jalur treknya dibuat bentuk tangga untuk memudahkan wisatawan. Fasilitas toilet dan mushola juga sudah tersedia. Untuk masuk kelokasi ini cukup merogoh kocek sebesar Rp10,000 saja, sudah termasuk biaya parkir di lokasi.