Halo Berita

Menuangkan Nilai Pancasila di Sepanjang Sungai

  • Untuk memperingati Hari Air Sedunia sekaligus mendukung agenda Kampung Pancasila di Kabupaten Pacitan, relawan dari berbagai unsur organisasi pada , Jumat (11/03/2022) gotong royong membersihkan sepanjang sungai di Jalan S. Parman Kelurahan Pucang Sewu, Pacitan.
Halo Berita
Dias Lusiamala

Dias Lusiamala

Author

PACITAN- Untuk memperingati Hari Air Sedunia sekaligus mendukung agenda Kampung Pancasila di Kabupaten Pacitan, relawan dari berbagai unsur organisasi pada , Jumat (11/03/2022) gotong royong membersihkan sepanjang sungai di Jalan S. Parman Kelurahan Pucang Sewu, Pacitan.  

Kegiatan ini dimulai sejak pukul 06.00 WIB hingga selesai. Perangkat daerah Kabupaten Pacitan, Kodim 0801 Pacitan, organisasi pemuda Pacitan, Lembaga Kemasyarakatan dan warga setempat ikut dalam ekgitan tersebut.

Beberapa tim dibagi ke beberapa titik sungai untuk mempermudah dan mempercepat pembersihan. Terlihat ada yang membersihkan bagian dalam sungai, dan ada yang bertugas membersihkan di tepian sungai dekat jalan raya.

"Acara ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari air sedunia dan juga dalam rangka mendukung terciptanya Kampung Pancasila. Acara seperti ini termasuk dalam pengamalan nilai-nilai Pancasila, yaitu pada sila ke 3 persatuan Indonesia,” kata

Bagus Nur Cahyo Saputro Kepala Bidang Ideologi Wawasan Kebangsaan dan Ketahanan Ekonomi, Sosial, Budaya dan Agama, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Pacitan, 

Kampung Pancasila adalah julukan untuk desa-desa atau kelurahan yang dijadikan contoh dalam penerapan nilai-nilai Pancasila.

Selain itu, alasan pemilihan bersih sungai karena dalam rangaka hari air dunia. Sungai di sepanjang Jalan S. Parman dan sekitarnya memiliki sedimentasi yang cukup padat, sehingga ketika terjadi hujan yang lebat, debit air akan meluap ke jalan raya. 

Dengan adanya kolaborasi dan kerja sama hari ini menciptakan  rasa aman dan nyaman pada masyarakat sekitar saat terjadi hujan, sekaligus berhasil memupuk kerukunan dan gotong royong antar-masyarakat.